Hagia Sophia

01 December 2023

Pria Ini Ngeluh Sakit Kepala Selama 5 Bulan, Ternyata Ada Sumpit di Otaknya

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto

Seorang pria di Vietnam mengeluh sakit kepala parah selama lima bulan. Tak diduga, keluhannya itu rupanya muncul gegara ada sumpit menyangkut dalam tengkoraknya. Bagaimana bisa?

Pria berusia 35 tahun yang tak disebutkan namanya itu awalnya memeriksakan diri ke Rumah Sakit Persahabatan Kuba di Dong Hoi pada 25 November. Saat itu, ia mengeluh sakit kepala tak kunjung sembuh. Ia juga mengeluh 'meler' terus-terusan.

Dokter kemudian melakukan CT scan. Dari sanalah ketahuan, bahwa pria tersebut menderita tension pneumocephalus, suatu kondisi neurologis yang jarang ditemukan namun berpotensi mengancam nyawa. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan tekanan intrakranial yang berbahaya.

Dokter pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mereka menemukan, ada sepasang sumpit menembus hidung dan otak pria tersebut. Kepala Departemen Bedah Saraf, Nguyen Van Man, menyebut kasus ini sarang jarang terjadi.

Pria tersebut bingung ketika ditanya bagaimana bisa sumpit tersebut masuk hidung. Namun ia ingat, ia sempat terlibat perkelahian lima bulan lalu saat sedang minum-minum di Vietnam.

Dikutip dari NY Post, dia tak bisa mengingat jelas bagaimana kejadian itu. Ia hanya ingat, sempat ada seseorang yang menikam wajahnya dengan benda.

Sesaat setelah perkelahian, pria tersebut sempat memeriksakan diri ke dokter. Namun saat itu, dokter tak menemukan kelainan apa pun pada hidungnya.

Untungnya, dokter dapat mengeluarkan sumpit tersebut melalui operasi endoskopi melalui hidung. Dokter menggunakan bedah mikro untuk menutup fistula, hubungan abnormal antara arteri dan vena di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Kabar terakhir, pasien dilaporkan kondisi stabil dan menunggu keluar dari rumah sakit.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Ngeluh Sakit Kepala Berbulan-bulan, Rupanya Ada Sumpit Nyangkut di Otak"