Hagia Sophia

16 April 2024

Ini Beda Nyeri Karena Asam Lambung dan Penyakit Jantung

Ilustrasi nyeri ulu hati. (Foto: Getty Images/RealPeopleGroup)

Sebagian orang mungkin kerap merasakan nyeri pada ulu hatinya. Kondisi ini merupakan rasa nyeri atau tidak nyaman yang muncul di bagian atas perut.

Biasanya, kondisi ini terjadi saat seseorang mengalami penyakit asam lambung. Namun ternyata nyeri ulu hati juga bisa menjadi gejala penyakit jantung.

"Paling bahayanya juga kalau sampai ke lambung dan sering disangka sakit maag, ternyata udahnya meninggal mendadak. Ternyata itu dari jantung atau jantung kurang oksigen. Itu disebutnya referred pain atau nyeri alih," kata spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan intervensi, dr Adrianus Kosasih, SpJP(K) dalam temu media belum lama ini.

Pada penyakit jantung, umumnya gejala yang muncul seperti rasa tak nyaman di dada. Sifatnya seperti ditindih atau ditekan jadinya lemas dalam waktu yang lama, bisa sampai 10 menit.

Gejala lainnya bisa muncul sesak atau dada penuh hingga rasa panas. Selain itu, nyeri dalam waktu yang lama, hilang timbul, keringat dingin, mual, hingga muntah.

Untuk membedakan dengan asam lambung, dr Adrian menyarankan untuk melihat dari faktor risikonya. Selain itu ada tipe nyeri dada yang bisa dibedakan dari antara penyakit jantung dan GERD. Biasanya, pada GERD tipe nyerinya lebih perih, sementara pada jantung tidak.

"Terus kalau ditekan ulu hatinya sakit itu GERD, kalau pada penyakit jantung nggak," ujar dia.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Nyeri Ulu Hati Gejala Asam Lambung VS Penyakit Jantung"