Hagia Sophia

09 October 2023

Beberapa Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Daun pegagan (Cantella asiatica). Foto: dok. detikFood

Daun pegagan dikenal sebagai herbal yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tanaman ini mengandung senyawa anti oksidan dan anti inflamasi seperti asiaticoside, madecassoside, dan asiatic acid.

Daun pegagan (Centella asiatica) juga kerap digunakan sebagai penyusun produk perawatan kulit (skincare). Nah supaya detikers lebih tahu lebih banyak tentang manfaat daun pegagan, simak penjelasan ini ya.

Kandungan Daun Pegagan

Dikutip dari penelitian berjudul Kandungan Bahan Aktif Tanaman Pegagan dan Khasiatnya untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dari Sutardi, pegagan mengandung berbagai bahan aktif yaitu:
  • triterpenoi
  • saponin
  • triterpenoid genin
  • minyak atsiri
  • flavonoid
  • fitosterol
  • asiatikosida
  • sentelosida
  • madekosida
  • asam asiatik
  • minyak volatil
  • tanin
  • asam amino
  • karbohidrat.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Dilihat dari kandungannya, berikut ini manfaat daun pegagan yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Khasiat Daun Pegagan untuk Meningkatkan Daya Otak

Pegagan membantu memperbaiki sistem daya ingat terutama pada kasus kemunduran fungsi otak. Riset Sutardi dalam Jurnal Litbang Pertanian tersebut menjelaskan, kandungan asiatikosida dalam daun pegagan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat.

Khasiat Daun Pegagan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Membantu melancarkan sirkulasi darah
Ekstrak daun pegagan diketahui dapat mengurangi kekentalan serta meningkatkan aliran darah. Sebab itu, tanaman ini bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi risiko pembekuan darah.

2. Membantu penyembuhan luka
Daun pegagan mengandung triterpenoid yang mampu membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat benda tajam dan luka bakar. Triterpenoid memperkuat jaringan kulit, dengan cara meningkatkan kadar antioksidan dan suplai darah ke area luka.

3. Membantu menyembuhkan penyakit lepra dan tuberkulosis (TB)
Dilansir etheses.uin-malang.ac.id, daun pegagan di bagian Timur Eropa dimanfaatkan sebagai obat penyakit lepra dan tuberkolosis. Tanaman ini bekerja dengan cara mengikis zat semacam lilin untuk melindungi dari bakteri.

4. Alternatif meredakan radang sendi
Senyawa-senyawa dalam daun pegagan memiliki efek anti-inflamasi yang berguna membantu meredakan radang sendi. Studi menunjukkan bahwa kandungan zat antiradang pada daun pegagan dapat meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi.

5. Membantu Mengendalikan Diabetes
Riset dalam Journal Syifa Sciences and Clinical Research menyatakan, ekstrak daun pegagan terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tikus yang diinduksi oleh aloksan. Diperkirakan senyawa flavonoid-lah yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

6. Membantu Meredakan Kecemasan
Kandungan senyawa asiatikosida dalam daun pegagan diketahui dapat membantu meredakan kecemasan. Pasalnya, kandungan antioksidan dalam daun pegagan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam penelitian Kandungan Bahan Aktif Tanaman Pegagan dan Khasiatnya untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh oleh Sutardi dijelaskan, kandungan asiatikosida pada daun pegagan merupakan bagian dari triterpenoid yang berfungsi sebagai antibiotik alami dengan menstimulasi sel darah dan sistem imun.

Khasiat Daun Pegagan Sebagai Skincare

Daun pegagan memiliki manfaat sebagai anti-penuaan berkat kandungan madekasosida. Bahan aktif kosmetik ini dapat membantu melembapkan kulit kering sekaligus meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit wajah.

Cara Mengonsumsi Daun Pegagan

Untuk mendapatkan manfaat, daun pegagan dapat dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi salad dan tumis sayuran. Cara lain adalah dikeringkan dan diseduh menjadi teh seperti dalam buku buku Sehat dan Cantik dengan Cica, Cantella asiatica oleh apt. Bernardus Bambang Waluyo.

Berikut cara konsumsi daun pegagan sebagai teh:
  1. Siapkan daun pegagan kering secukupnya, lalu masukkan ke dalam gelas
  2. Tuangkan air panas ke dalam gelas dan tunggu selama beberapa saat
  3. Saring daun pegagan dalam gelas
  4. Minum secara perlahan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi teh daun pegagan secara rutin 2-3 kali sehari.

Alternatif lain, mengonsumsi produk yang beradal dari daun pegagan. Misal teh herbal, kapsul, atau tablet, serta produk perawatan kulit. Contohnya serum, ampoule, pelembab, dan masker.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Konsumsi Ekstrak Daun Pegagan
  • Senyawa daun pegagan dalam jumlah besar dapat menyebabkan sensasi terbakar hingga reaksi alergi pada kulit bagi beberapa orang.
  • Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun pegagan bisa berbahaya untuk hati (liver) dalam jangka panjang. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit liver sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Berdasarkan poin kedua, sebaiknya tidak menggunakan ekstrak daun pegagan selama lebih dari enam minggu tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter.
  • Daun pegagan atau Centella asiatica umumnya aman digunakan dalam produk skincare, asalkan tidak melebihi batas anjuran.
  • Mengonsumsi daun pegagan dalam bentuk suplemen atau obat pada sebagian kasus dapat menyebabkan efek samping ringan, seperti pusing dan sakithttps://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6972006/9-manfaat-daun-pegagan-untuk-otak-kesehatan-dan-kecantikan-kulit





 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Manfaat Daun Pegagan untuk Otak, Kesehatan, dan Kecantikan Kulit"