Hagia Sophia

09 October 2023

Manfaat dan Efek Buruk Air Dingin bagi Kesehatan

Foto: Getty Images/iStockphoto/

Air dingin dapat menghilangkan dahaga di tengah teriknya musim panas. Selain memberikan manfaat, air dingin juga memiliki efek buruk pada tubuh. Ini faktanya!

Air dingin kerap dikonsumsi saat musim panas karena memberikan efek menyegarkan dahaga. Tak hanya saat musim panas saja, tapi beberapa orang terbiasa mengonsumsi air dingin setiap hari.

Segelas air dingin ini bisa didapatkan dari air yang didiamkan dalam kulkas maupun ditambahkan es batu. Saat meneguknya tak hanya dahaga yang terasa segar, tapi juga tubuh.

Manfaat Air Dingin

Manfaat dan efek minum air dingin bagi tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/

Dilansir dari Food NDTV (14/8), manfaat dari mengonsumsi air dingin ternyata tak hanya menyegarkan, tapi juga dapat meningkatkan metabolisme. Telah dijelaskan pada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi air dingin dapat meningkatkan laju metabolisme.

Saat mengonsumsi air dingin, tubuh akan berupaya menaikkan suhu agar sesuai dengan suhu internal. Proses ini akan membakar beberapa kalori ekstra.

Air dingin juga ideal untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Hidrasi tubuh penting dipertahankan agar fungsi tubuh dapat bekerja secara keseluruhan.

Banyak orang menganggap konsumsi air putih ini dapat menaikkan berat badan, padahal tidak ada kaitannya. Sesuai Journal of Human Nutrition and Dietetics, minum air dingin justru dapat mendukung proses penurunan berat badan karena tak mengandung kalori.

Air dingin ternyata juga dapat menghilangkan rasa sakit. Kamu bisa mengonsumsinya saat merasa sakit kepala atau nyeri otot. Suhu dingin ini dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

Efek Minum Air Dingin

Manfaat dan efek minum air dingin bagi tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/

Di samping manfaatnya yang beragam, minum air dingin ternyata juga dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Minum air dingin dapat berpotensi mengganggu pencernaan, di mana air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah di perut sehingga memperlambat pencernaan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ahli Gizi Shilpa Arora menjelaskan kalau air dingin ini dapat mengganggu fungsi ginjal. "Air dingin dapat melemahkan ginjal. Untuk menghindari situasi ini, jangan minum air dingin saat makan, karena dapat mengeraskan makanan berminyak yang mengganggu keseimbangan tubuh," jelasnya.

Saat sedang pilek, minum air dingin justru dapat memperburuk kondisinya. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menunjukkan kalau minum air dingin dapat menyebabkan hidung tersumbat.





























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Air Dingin Atasi Dahaga, Ini Manfaat dan Efek Buruk Bagi Tubuh"