Hagia Sophia

09 October 2023

Ingin Nonton Gerhana Matahari Cincin Api? Ini Linknya

NASA Siapkan Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Api. Foto: Antara Foto/Paramayuda

Gerhana Matahari Cincin Api akan berlangsung pada pekan depan, tepatnya pada 14 Oktober. Sayangnya, fenomena alam itu tidak bisa dinikmati di wilayah Indonesia.

Dari empat gerhana yang terjadi di 2023 ini, tiga di antaranya terjadi di Indonesia, yaitu gerhana matahari hibrida pada 20 April, gerhana bulan penumbra pada 5-6 Mei, dan gerhana bulan sebagian pada 29 Oktober.

"Sedangkan gerhana matahari cincin tidak dapat disaksikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak terkena bayangan antumbra maupun penumbra Bulan," kata BRIN.

Gerhana Matahari Cincin Api hanya berlangsung di Amerika Serikat (AS) pada 14 Oktober waktu setempat. Bagi masyarakat Indonesia ingin melihat detik-detik ketika matahari tertutup oleh bulan itu terjadi pada malam harinya, mengingat perbedaan zona waktu antara AS dan Indonesia

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan Gerhana Matahari Cincin Api 2023 itu akan 'menggelapkan' delapan negara bagian, yakni Oregon, California, Nevada, Utah, Colorado, Arizona, New Mexico, dan Texas.

Bagi wilayah yang tidak kebagian, NASA menyediakan live streaming yang bisa disaksikan seluruh masyarakat dunia, termasuk warga Indonesia. Berbagai platform digital milik NASA akan menyiarakan langsung gerhana matahari cincin api.

Berikut link streaming Gerhana Matahari Cincin Api:
Sebagai informasi, Gerhana Matahari Cincin Apil berlangsung pada pukul 09.13 pagi waktu setempat. Sedangkan, waktu Indonesia pada pukul 23.13 WIB.

Berdasarkan data dari NASA, fenomena Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023 dapat diamati di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan. Namun, cincin apinya hanya dapat dilihat di jalur selebar 118 hingga 137 mil (190 hingga 220 kilometer).

Jalur tersebut akan melewati Amerika Serikat bagian barat sebelum menuju Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan. Waktu terbaik pengamatan Gerhana Matahari Cincin Api adalah pada 14 Oktober 2023 akan berlangsung selama 5 menit 17 detik.











 

















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Dear Warga RI, NASA Siapkan Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Api"