Hagia Sophia

09 October 2023

Tips Turunkan BB Tanpa Diet dan Olahraga

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)

Memiliki tubuh langsing merupakan idaman banyak orang. Namun, melakukan diet dan menyusun rencana olahraga bukanlah hal yang mudah. Tak jarang, seseorang putus asa dalam prosesnya sehingga berujung gagal menurunkan BB.

Jangan khawatir, memangkas BB nggak selamanya harus dengan cata yang sulit dan menyiksa. Ada lho cara efektif yang bisa membantu pangkas BB 'tanpa usaha' dan mencegah kenaikan BB setelahnya. Alhasil, tubuh bisa langsing tanpa disadari.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah 6 cara terbukti pangkas BB tanpa diet dan olahraga.

1. Mengunyah dengan seksama dan perlahan-lahan
Otak memerlukan waktu untuk memproses apakah tubuh sudah kenyang.

Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan membuat seseorang makan lebih lambat. Hal ini dikaitkan dengan penurunan jumlah makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil.

Seberapa cepat seseorang makan juga dapat mepengaruhi berat badan. Berdasarkan database dari National Institutes of Health, sebuah tinjauan terhadap delapan penelitian melaporkan bahwa orang yang tidak makan dengan cepat memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pemakan cepat.

Untuk membiasakan diri makan dengan lebih lambat, seseorang dapat menghitung beberapa kali ia mengunyah dalam setiap suapan.

2. Menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil untuk makanan berkalori tinggi
Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu seseorang untuk makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar.

Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat porsi makanan terlihat lebih kecil sehingga seseorang akan menambahkan lebih banyak makanan.

Hal ini dapat dimanfaatkan dengan menyajikan makanan yang padat nutrisi dan rendah kalori di piring yang lebih besar dan makanan berkalori tinggi di piring yang lebih kecil.

3. Perbanyak asupan protein
Protein memiliki efek yang kuat pada nafsu makan. Protein dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu seseorang makan lebih sedikit kalori.

Hal ini dapat terjadi karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang seperti ghrelin.

Menurut sebuah penelitian terhadap 105 orang, mereka yang lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi protein mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan protein dalam jumlah standar.

4. Bawa bekal dari rumah
Memasak makanan sendiri di rumah dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, hal ini adalah cara yang baik untuk dapat mengontrol apa yang dikonsumsi seseorang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan lebih banyak makanan di rumah cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan mereka yang secara teratur makan di luar atau makan makanan siap saji.

Sebuah studi pada 2017 juga menemukan bahwa perencanaan makan dapat dikaitkan dengan peningkatan kualitas diet dan penurunan risiko obesitas.

Cobalah membeli bahan-bahan makanan yang kaya nutrisi dan bereksperimenlah dengan beberapa resep baru setiap minggunya.

5. Minum air putih secara teratur
Minum air putih dapat membantu untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Terlebih ketika seseorang meminumnya sebelum makan.

Satu studi menemukan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tanpa mempengaruhi rasa kenyang secara signifikan.

Menghindari minuman kemasan yang tinggi kalori dengan lebih sering meminum air putih juga dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

6. Tidur cukup dan hindari stres
Dalam hal kesehatan, orang seringkali mengabaikan tidur dan stres. Padahal, keduanya memiliki efek yang kuat pada nafsu makan dan berat badan.

Kurang tidur dapat mengganggu hormon leptin dan ghrelin yang mengatur nafsu makan. Sedangkan stres dapat meningkatkan hormon lain seperti kortisol.

Hormon-hormon ini berfluktuasi sehingga meningkatkan rasa lapar dan mengidam. Terlebih lagi, kurang tidur secara terus-menerus dan stres dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan obesitas.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Bakal Bikin Tersiksa! Ini 6 Cara Turunkan BB Tanpa Diet dan Olahraga"