Hagia Sophia

15 October 2023

Berbagai Mitos Tentang BH yang Tidak Perlu Dipercayai

Foto: ilustrasi/thinkstock

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra merupakan bagian dari rangkaian peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia. Pada hari tersebut, para wanita diajak untuk tidak mengenakan bra selama sehari sebagai bentuk kepedulian terhadap penyintas kanker payudara.

Di luar hal tersebut, para wanita memiliki preferensi yang berbeda-beda soal memakai bra. Ada yang mengenakannya sepanjang waktu, ada yang hanya sesekali, dan bahkan ada yang lebih memilih untuk tidak memakai sama sekali. Tak jarang, preferensi itu dipengaruhi mitos-mitos tentang bra yang beredar di masyarakat.

Apa saja sih mitos soal bra yang banyak dipercaya kaum wanita?

1. Bra Kawat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara
Banyak wanita yang percaya kalau bra kawat bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Kawat pada bra dipercaya dapat membatasi aliran cairan getah bening di payudara sehingga menyebabkan penumpukan racun di area tersebut.

Faktanya, hingga saat ini masih belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan klaim tersebut.

2. Mengenakan Bra saat Tidur Memicu Kanker Payudara
Masih soal kanker payudara, beberapa percaya mengenakan bra saat tidur bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Studi pada 2014 yang dilakukan terhadap lebih dari 1.500 wanita menemukan tidak ada kaitan antara mengenakan bra saat tidur dengan risiko kanker payudara.

Diduga, mitos ini muncul dari fakta kalau wanita gemuk memiliki ukuran payudara yang besar sehingga harus mengenakan bra saat tidur. Pada kasus ini, kanker payudara dipicu oleh obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit tersebut.

3. Tidak Mengenakan Bra Bisa Bikin Payudara Kendor
Saat tidak mengenakan bra, payudara akan cenderung 'jatuh' akibat gravitasi. Banyak wanita yang percaya hal ini dapat membuat payudara menjadi kendor.

Hal ini tidak benar. Sebenarnya, tidak mengenakan bra hanya membuat payudara kembali ke bentuk aslinya.

4. Bra Bisa Dipakai Sampai Kapanpun
Sama seperti jenis pakaian lainnya, bra tidak bisa bertahan selamanya. Umumnya, masa pakai bra hanya sekitar 6 sampai 9 bulan.

Jika bra tersebut dikenakan hingga setahun atau lebih malah akan membuatnya melar. Tak hanya itu, kaitan pada bra juga bisa saja rusak karena dimakan usia dan membuat kawat yang ada pada bra keluar dari kainnya.

5. Bra Menghambat Pertumbuhan Payudara
Sebagian wanita percaya mengenakan bra menghambat pertumbuhan payudara, apalagi saat tidur. Mereka beranggapan tekanan yang diberikan bra bisa menghambat sirkulasi darah dan membuat ukuran payudara tidak bertambah besar.

Anggapan ini hanyalah mitos belaka. Sebab, sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kalau bra bisa menghambat pertumbuhan payudara.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "No Bra Day, Ini 5 Mitos tentang BH yang Tak Perlu Lagi Dipercayai"