Hagia Sophia

15 October 2023

Bolehkah Pakai Koyo Bila Badan Pegal Usai Olahraga?

Foto ilustrasi: Shutterstock

Olahraga adalah kegiatan yang disarankan untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Jenis olahraga yang banyak dipilih seperti gym hingga lari.

Tetapi, sebagian orang kerap merasa pegal atau nyeri badan setelah berolahraga. Jika terjadi kondisi seperti itu, bisakah diredakan dengan koyo?

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dr Aldico Juniarto Sapardan, SpOT, menjelaskan ada dua jenis koyo yang biasa dipakai. Pertama koyo panas dan koyo dingin.

Untuk menggunakannya, ternyata ada rentang waktu yang disarankan dokter. dr Aldico juga memberikan beberapa tips agar tidak mudah pegal atau nyeri tubuh setelah berolahraga.

"Kalau heat itu untuk manasin. Sebaiknya itu dilakukan sekitar 72 jam atau 3 hari pasca cedera," kata dr Aldico saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

"Tipsnya untuk mencegah terjadinya sore muscle atau peradangan atau nyeri-nyeri otot, biasanya dengan latihan lainnya yang lebih ringan," sambungnya.

Adapun tahapan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan pegal setelah berolahraga, seperti:
  • Melakukan pemanasan dengan baik
  • Berolahraga sesuai kemampuan kapasitas tubuh
  • Jangan lupa pendinginan untuk mencegah cedera
Meski mudah untuk dilakukan, olahraga lari ini tidak dianjurkan untuk orang dengan berat badan berlebih. Sebab, hal itu bisa berakibat fatal pada sendi-sendi di tubuh.

"Jadi, semakin berat badan kita, semakin berat juga sendi-sendi atau otot-otot yang menopang badan kita, seperti sendi lutut hingga sendi panggul. Dan itu akan berbahaya," beber dr Aldico.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Badan Pegal Tiap Habis Olahraga, Boleh Nggak Sih Pake Koyo?"