Hagia Sophia

18 November 2023

Militer Israel Juga Serang RS Ibnu Sina di Jenin

Ilustrasi rumah sakit di Gaza (Foto: reuters)

Tak hanya rumah sakit di Gaza, pasukan militer Israel kini juga menyerang tepi Barat, Palestina. Israel telah melakukan serangan ke rumah sakit Ibnu Sina di Jenin dan menodong para staf dengan senjata, Jumat (17/11).

Dikutip dari Al Jazeera, pasukan Israel bahkan menangkap dua paramedis dan memerintahkan seisi rumah sakit melakukan evakuasi. Seorang sumber mengatakan kepada Wafa (kantor berita Palestina), bahwa pasukan Israel mengepung rumah sakit dari segala sisi, mencari ambulans, dan mendesak orang-orang di rumah sakit segera evakuasi.

"Pasukan Israel muncul di Rumah Sakit Ibnu Sina, salah satu rumah sakit terbesar di Tepi Barat yang diduduki. Mereka muncul dalam penggerebekan dan meminta staf medis untuk mengangkat tangan dan mengevakuasi rumah sakit," kata Sara Khairat dari Al Jazeera.

Militer Israel juga memerintahkan paramedis untuk meninggalkan RS dengan tangan di atas. Mereka kemudian digeledah di halaman rumah sakit. Menurut laporan, sekitar 80 kendaraan militer Israel memasuki kota Jenin seiringan dengan pengepungan tersebut.

"Puluhan kendaraan lapis baja muncul, termasuk bulldozer, merusak mobil, merusak jalan," sambungnya lagi.

Serangan di Jenin ini terjadi di saat Israel melancarkan serbuan intens di Gaza dengan menargetkan rumah sakit, termasuk RS Al Shifa dan RS Baptis Al Ahli.

Adapun serangan tersebut dilakukan karena Israel mengklaim Hamas memiliki markas komando bawah di RS dan mempunyai terowongan yang terhubung dengan rumah sakit untuk menyandera para tawanan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Cuma di Gaza, RS di Jenin Kini Juga Diserbu Israel"