Hagia Sophia

19 February 2024

Heboh Selebgram Makan Kecoak, Ini Komentar Pakar Kesehatan

Ilustrasi kecoak (Foto: Thinkstock)

Baru-baru ini viral seorang selebgram membagikan konten-konten yang tergolong ekstrem di sosial media. Dalam video kontennya, selebgram tersebut nekat memakan sejumlah hewan seperti kecoak hingga cicak.

Tak sedikit warganet menyoroti video-video ekstrem tersebut. Beberapa di antaranya ada yang menyuruh selebgram tersebut untuk berhenti melakukan aksi membahayakan itu lantaran cemas terhadap kesehatannya.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, mengatakan binatang seperti kecoak dan cicak pada dasarnya adalah binatang yang kotor. Mengutip dari beberapa literasi, dr Aru menyebut binatang-binatang tersebut adalah inang dari beberapa jenis kuman, seperti tifoid.

"Bila dimakan ada kemungkinan kita akan terjangkit penyakit yang dibawa oleh binatang tersebut, apalagi jika dimakan dalam bentuk mentah atau tidak dimasak dengan baik," ucapnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/2/2024).

Orang-orang yang mengonsumsi hewan tersebut bisa terkena penyakit seperti diare, disentri, demam tifoid, dan alergi. Bahkan dr Aru menyebut aktivitas mengonsumsi hewan kotor tersebut bisa memicu infeksi cacing.

Karenanya, ia mengimbau bagi mereka yang tertelan hewan-hewan tersebut dan mengalami gejala untuk segera berobat ke dokter. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang membahayakan jiwa dan keselamatan hanya untuk konten.

"Cacing pun masih bisa meskipun bukan cacing pita. Tetapi jenis cacing lain yg ada di usus serangga. Bisa fatal kalo kuman-kumannya tidak diobati dengan baik," tuturnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Selebgram Nekat Makan Kecoak hingga Cicak, Dokter Wanti-wanti Bahayanya"