Hagia Sophia

19 February 2024

Banyak Dialami Petugas KPPS, Ini Beda Gejala Sakit Jantung vs Asam Lambung

Petugas bekerja keras mengerjakan rekapitulasi surat suara (Foto: Pradita Utama)

Tercatat sedikitnya 57 petugas Pemilu 2024 meninggal, terbanyak karena penyakit jantung. Bagi orang awam, gejalanya kerap susah dibedakan dengan masalah pencernaan seperti asam lambung.

Gejala serangan jantung yang mirip dengan asam lambung adalah sensasi nyeri dada atau heartburn. Kerap terjadi, seseorang tidak langsung mendapat pertolongan saat mengalami serangan jantung karena disangka gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Konsultan pencernaan dari Mayapada Hospital, dr Muhamad Yugo Hario Sakti Dua, SpPD-KGEH, mengingatkan untuk tidak buru-buru menyimpulkan GERD sebagai penyebab nyeri dada. Jika memungkinkan, pastikan dulu penyebab sebenarnya misalnya masalah di jantung maupun paru-paru.

"Bagian saya (pencernaan) 'nggak penting' sebenarnya, cuma mengganggu. Yang lebih penting jantungnya, jantungnya aman atau nggak. Kalau nggak aman, obati jantungnya," kata dr Hario dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (16/2/2024).

Sementara itu, konsultan kardiologi intervensi Mayapada Hospital dr Aron Husink, SpJP(K), FIHA menjelaskan, serangan jantung sebenarnya memiliki gejala yang khas dibanding keluhan pencernaan. Salah satunya, sensasi nyeri dada yang dirasakan muncul di dada bagian tengah dan menjalar.

"Bisa menjalar bisa ke ulu hati, ke leher, atau ke rahang, atau ke bahu kiri," jelas dr Aron, Jumat (16/2).

Menurut dr Aron, seringnya gejala tersebut disangka sakit maag terjadi karena terkadang seseorang tidak mengetahui dirinya memiliki kondisi tertentu yang membuatnya berisiko mengalami serangan jantung. Karenanya, ia mengingatkan untuk mewaspadai juga gejala lain yang lebih spesifik.

"Kalau misalnya gejala serangan jantungnya itu yang khas dan fatal, itu sensasinya langsung berat. Muncul dalam hitungan menit, makin berat sampai keringat dingin. Itu cukup spesifik, tiba-tiba basah seluruh badan," katanya.

Penjelasan dr Aron sekaligus meluruskan pemahaman tentang keringat dingin sebagai gejala serangan jantung. Menurutnya, keringat dingin yang hanya muncul di telapak tangan biasanya lebih berhubungan dengan stres. Sedangkan gejala serangan jantung ditandai dengan keringat dingin di sekujur tubuh, sampai-sampai harus ganti baju.

Pada kondisi tertentu, misalnya diabetes, gejala serangan jantung yang spesifik tersebut mungkin saja tidak dirasakan. Bahkan nyeri di bagian tubuh sekalipun tidak dirasakan pada pengidap penyakit kencing manis.

"Termasuk (nyeri) di jantung. Ada penyumbatan, nggak terasa nyeri dada. Paling berasa lemas capek mual, ternyata serangan jantung," jelasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Gejala Sakit Jantung Vs Asam Lambung, Banyak Dialami Petugas Pemilu 2024"