Hagia Sophia

05 February 2024

Liga Italia: Inter Milan Unggul Atas Juventus 1-0

Inter Milan mengalahkan Juventus 1-0 di lanjutan Liga Italia. (Foto: REUTERS/DANIELE MASCOLO)

Inter Milan berhasil mengalahkan rivalnya terdekatnya, Juventus, dengan skor 1-0. Inter mendapatkan keuntungan dari gol bunuh diri Federico Gatti.

Derby d'Italia antara Inter vs Juventus dilangsungkan di Giuseppe Meazza pada Senin (5/4/2024) dini hari WIB. Statistik memperlihatkan Nerazzurri mendominasi permainan.

Sofascore mencatat, Inter memiliki penguasaan bola dengan perbandingan 55:45 dan lebih agresif dengan 15 percobaan (3 on target). Sebanyak 11 percobaan di antaranya dilepaskan dari dalam kotak penalti lawan. Sementara itu Juventus membuat 12 percobaan (1 on target) dengan tujuh percobaan dilakukan dari dalam kotak penalti lawan.

Dengan hasil ini Inter Milan semakin mantap memimpin klasemen Liga Italia. La Beneamata mengumpulkan 57 poin, unggul empat poin dari Juventus, di posisi kedua dan masih memiliki satu pertandingan sisa.

Jalannya Pertandingan

Inter Milan langsung mengancam. Bola lambung ke depan, Marcus Thuram mengirim umpan tarik dari sayap kanan untuk Henrikh Mkhitaryan. Federico Gatti dengan sigap melakukan sapuan untuk mematahkan serangan.

Serangan berbahaya lainnya dari Inter. Di menit ke-18, crossing Benjamin Pavard diteruskan Federico Dimarco dengan sepakan dari jarak dekat. Bola cuma bersarang di sisi luar jala gawang Juventus.

Gelson Bremer menggagalkan serangan Inter. Crossing Hakan Calhanoglu kepada Dimarco diteruskan dengan umpan tarik kepada Marcus Thuram. Bremen melakukan intersepsi krusial untuk mencegah Thuram melakukan sontekan.

Juventus akhirnya bisa keluar dari tekanan Inter untuk menciptakan peluang berbahaya. Dusan Vlahovic terbebas di sisi kiri kotak penalti, tapi Pavard melakukan tekel cermat untuk memaksakan sepak pojok.

GOL! Kebuntuan Inter Milan terpecah di menit ke-37. Inter diuntungkan dengan gol bunuh diri Federico Gatti untuk mengungguli Juventus 1-0.

Umpan silang dari sayap kanan, percobaan tendangan salto Pavard gagal sehingga bola menuju ke depan gawang. Sundulan Thuram gagal mengenai bola, yang kemudian memantul mengenai Gatti sebelum masuk ke gawang Juve.

Selepas turun minum, Inter nyaris menciptakan gol kedua. Dari sebuah crossing, Hakan Calhanoglu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengenai tiang gawang.

Juventus merespons lalu menciptakan kemelut di depan gawang Inter, lalu disapu Mkhitaryan. Gatti memperoleh bola liar di luar kotak penalti, lalu melepaskan sepakan keras kaki kanan. Bola hanya melebar tipis dari gawang Inter.

Crossing Dimaro dari kiri menemui Lautaro Martinez di sisi kanan kotak penalti. Sepakan first-time Lautaro bisa diselamatkan Wojicech Szczesny di tiang dekat.

Inter Milan membuat sebuah peluang emas untuk menghabisi permainan. Crossing Denzel Dumfriez membebaskan Marko Arnautovic di depan. Penyelesaian Arnautovic diselamatkan Szczesny dalam situasi one on one.

Di sisa waktu pertandingan tidak ada gol yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Inter bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Inter Milan: Yann Sommer, Matteo Darmian (Dumfries 73'), Bastoni (Klaassen 88'), Acerbi, Pavard, DiMarco (Carlos Augusto 73'), Mkhitaryan, Calhanoglu, Barella (De Vrij 88'), Lautaro Martinez, Thuram (Arnautovic 77')

Juventus: Szczesny, Danilo, Gelson Bremer, Gatti (Alex Sandro 88'), Cambiaso (Miretti 88'), Kostic (Weah 66'), McKennie (Alcaraz 89'), Locatelli, Rabiot, Yildiz (Chiesa 66'), Vlahovic



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Inter Milan Vs Juventus: Nerazzurri Menang Berkat Gol Bunuh Diri Gatti"