Hagia Sophia

31 March 2024

Liga Inggris: Newcastle Unggul Atas West Ham 4-3

Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith

Newcastle United menjamu West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris. Hujan gol tercipta, pertandingan begitu dramatis, dan The Magpies comeback 4-3.

Liga Inggris memainkan pekan ke-30, dibuka dengan Newcastle United vs West Ham United pada Sabtu (30/3) malam WIB di St James' Park. Laga berjalan ketat!

Babak pertama ditutup untuk keunggulan West Ham United 2-1. Sempat tertinggal lebih dulu lewat penalti Alexander Isak, Antonio dan Kudus membuat tim tamu comeback.

Di babak kedua Bowen tambah keunggulan The Hammers jadi 3-1. Isak kembali bikin gol lewat titik putih di menit ke-77 dan Barnes samakan kedudukan saat laga tersisa tujuh menit.

Barnes jadi pahlawan dengan sepakan jarak jauh di menit ke-90. Newcastle amankan tiga poin, menang 4-3.

Hasil imbang 3-3 membuat West Ham United tetap berada di peringkat ketujuh Klasemen Liga Inggris sementara dengan 44 poin. Newcastle United naik ke peringkat delapan dengan 43 poin.

Jalannya Pertandingan

Newcastle United langsung mendapat penalti di awal laga. Anthony Gordon dilanggar Coufal di kotak terlarang.

Isak yang jadi algojo sukses melepas tembakan ke pojok kanan gawang, mengecoh Areola. Gol tercatat di menit keenam.

West Ham United bangkit. Michail Antonio samakan kedudukan di menit ke-21. Dirinya lolos dari jebakan offside dan dengan dingin menangi duel satu lawan satu kontra kiper Martin Dubravka.

Jelang babak pertama berakhir, Mohammed Kudus bawa The Hammers berbalik unggul di menit ke-45+10. Diawali pelanggaran Schar kepadanya, lalu Paqueta dengan cepat mengoper bola ke Bowen di sisi kanan. Dengan sekejap, Kudus mampu menyepak si kulit bundar dari 'assist' Bown dan menjebol gawang tuan rumah.

Kubu Newcastle sempat protes, sebab Schar masih terjatuh setelah 'tertampar' tangan dari Kudus ketika berduel. Namun itu jadi pelanggaran dari Schar karena dirinya menarik Kudus saat merebut bola.

West Ham United menambah keunggulan setelah turun minum. Jarrod Bowen mencetak gol di menit ke-48.

Diawali saat Newcastle dapat tendangan sudut, Kudus mampu mengamankan si kulit bundar dan melakukan serangan balik dengan cepat. Dua kali dirinya lepas dari hadangan lawan.

Kudus lantas mengirim umpan terobosan ke Bowen yang menusuk ke depan kotak penalti, sang winger dengan tenang menceploskan bola.

Penalti buat Newcastle di menit ke-76. Kalvin Phillips telat menyapu bola, karena kaki Gordon lebih cepat untuk merebutnya sehingga Gordon terjatuh. Wasit mengecek VAR dan mengesahkan penalti.

Isak maju jadi algojo lagi dengan tembakan ke arah posisi yang sama seperti penalti sebelumnya. Gol tercatat di menit ke-77.

Newcastle samakan kedudukan di menit ke-83. Harvey Barnes menerima umpan terobosan dari Isak, lalu Barnes lepas tembakan ke kolong kaki Fabianski.

Newcastle cetak gol keempat di menit ke-90, lagi-lagi Barnes! Dirinya lakukan tendangan jarak jauh dari depan kotak penalti setelah dikirim umpan dari Gordon. Bola mengalir melengkung tajam ke gawangnya Fabianski.

The Magpies comeback, amankan tiga poin dengan skor 4-3. Meski tuan rumah bermain dengan 10 orang setelah Gordon diusir keluar karena dua kartu kuning di menit ke 90+4, skor tetap tidak berubah.

Susunan pemain

Newcastle: Dubravka, Livramento (Almiron 56'), Lascelles (Krafth 47') (Hall 57'), Schar, Burn, Longstaff, Guimaraes, Willock (Anderson 57') (Barnes 67'), Murphy, Gordon, Isak.

West Ham: Areola (Fabianski 46'), Coufal (Ings 90+3'), Mavropanos, Zouma, Emerson, Ward-Prowse (Johnson 83'), Soucek, Bowen, Paqueta, Kudus, Antonio (Phillips 69').


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Newcastle Vs West Ham: Hujan Gol Tercipta, The Magpies Menang 4-3"