Hagia Sophia

31 March 2024

Berbagai Manfaat Daun Jarak, Mengobati Rematik Hingga Perut Kembung

Foto: Daun jarak (Vinayaraj/Wikimedia Commons)

Daun jarak mempunyai peran yang penting dalam kehidupan tanaman. Mengutip laman Fakultas Kedokteran UMSU, fungsi utamanya adalah sebagai tempat melakukan proses fotosintesis.

Namun, tak hanya untuk tanaman, ternyata daun jarak juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun berbentuk bundar dengan ujung runcing dan tepi bergigi ini bisa mengobati beberapa penyakit.

10 Manfaat Daun Jarak

Mengutip laman Pemprov Jatim, nama lain dari tanaman jarak adalah Ricinus spectabilis BI. Adapun berbagai manfaat dari daun jarak yaitu mulai dari membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatasi perut kembung, hingga sulit buang air besar.

1. Mengobati Rematik dan Eksim
Rematik juga bisa diobati dengan daun jarak. Mengutip jurnal berjudul Perbandingan Efektivitas Daun Jarak+Minyak Kayu Putih dengan Daun Jarak Tanpa Minyak Kayu Putih Terhadap Kesembuhan Perut Kembung pada Bayi 0-2 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang Kota Tahun 2017/2018, caranya, siapkan 5-8 lembar daun jarak, tumbuk sampai halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air hangat. Oleskan di area rematik atau masalah kulit seperti eksim.

2. Mengatasi Ketombe
Ketombe adalah masalah yang umum pada rambut. Mengutip laman Pemprov Jambi, untuk mengatasinya, cukup haluskan daun jarak menjadi pasta lembut, lalu oleskan pada rambut. Tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dan keramas seperti biasa.

3. Menjaga Kesehatan Hati
Daun jarak dapat mengobati penyakit kuning yang seringkali berkaitan dengan masalah hati. Menurut penelitian, hal ini berkat senyawa aktif pada daun jarak. Cara yang dilakukan untuk mendapat manfaat tersebut adalah dengan menumbuk daun jarak dan mencampurnya dengan air kelapa.

4. Mengatasi Perut Kembung
Daun jarak dapat membantu mengurangi gas berlebihan dalam perut. Caranya yaitu layukan beberapa lembar daun jarak di atas api namun jangan sampai hangus. Oleskan daun jarak beserta minyak kelapa atau minyak kayu putih atau minyak telon ke pinggang dan perut.

5. Mengobati Infeksi
Daun jarak dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Ini berkat senyawa antibakteri dan antiviral yang efektif dalam mengatasi berbagai jenis infeksi.

6. Mengobati Diabetes
Daun jarak dapat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Manfaat ini berasal dari kemampuan daun jarak dalam menurunkan kadar gula darah. Terdapat senyawa yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

7. Mengatasi Sulit BAB
Susah buang air besar dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun jarak. Caranya yaitu cuci daun jarak pagar sampai higienis, lalu kukus sampai layu. Perlu diketahui, penting untuk menjaga kadar konsumsi agar tidak berlebihan.

8. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi
Anti-Inflamasi sangat penting untuk mengurangi peradangan atau inflamasi pada tubuh. Sehingga, senyawa yang terdapat dalam daun jarak ini efektif dalam mengurangi pembengkakan dan kemerahan karena peradangan.

9. Mengobati Sariawan
Daun jarak dapat dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Caranya, remas daun hingga batang daun sampai mengeluarkan getah. Lalu, tempelkan getahnya ke bagian sariawan.

10. Mengatasi Iritasi pada Kulit Bayi
Kulit bayi bisa mengalami iritasi atau ruam popok. Daun jarak dan minyaknya memiliki sifat melembabkan dan bisa mengurangi ruam pada kulit bayi.

Caranya, oleskan tipis-tipis campuran minyak dan tumbukan daun jarak pada kulit bayi. Diamkan beberapa waktu sampai agak menyerap. Kenakan popok perlahan.

Itulah 10 manfaat daun jarak untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa konsumsi daun jarak berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengkonsumsinya, terutama jika memiliki kondisi kesehatan atau mengkonsumsi obat tertentu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Daun Jarak, Bisa Mengobati Rematik hingga Perut Kembung"