Hagia Sophia

31 March 2024

Waspadai Bila Anak Mudah Lelah, Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung Bawaan

Waspadai tanda-tanda penyakit jantung bawaan pada anak (Foto: Getty Images/PeopleImages)

Kelelahan merupakan hal yang umum dirasakan oleh anak-anak ketika beraktivitas. Namun, ada beberapa ciri kelelahan tidak biasa yang dapat mengindikasikan penyakit jantung bawaan.

Dokter Spesialis Bedah Thoraks dan Kardiovaskular, Konsultan Bedah Pediatrik, dr Budi Rahmat, SpBTKV (K), dari Siloam Hospitals Lippo Village, menerangkan bahwa ada beberapa ciri anak mengidap penyakit jantung bawaan, salah satunya kelelahan.

"Sebenarnya ada tanda-tanda yang paling sederhana. Salah satunya keterlambatan tumbuh kembang anak dan kelelahan," terang dr Budi saat ditemui dalam acara Media Gathering Siloam Hospital Lippo Village, Rabu (27/3/2024).

Menurut dr Budi, lelah pada anak merupakan hal wajar karena anak-anak memang beraktivitas. Namun yang perlu diwaspadai, ketika anak tidak bisa beraktivitas normal seperti seharusnya.

"Berbeda dengan anak-anak yang pada umumnya, kalau anak-anak umumnya lari makan apa segala macam nggak capek, anak minum susu tuh nggak akan berhenti-berhenti, nggak putus. Tapi kalau anak dengan kelainan jantung bawaan baru dua tiga sedotan udah (capek)," jelasnya.

Tak hanya anak, indikasi kelelahan akibat penyakit jantung bawaan bisa dilihat pada bayi yang masih menyusui.

"Untuk bayi, dia menyusu. Menyusu itu merupakan olahraga yang besar. Kalau (indikasi penyakit jantung bawaan) dia nangis, nangis juga pun nggak sempurna. Tapi kalau ketika dia nangis pendek, ya kemudian biru, itu kita sudah harus curiga minimal dokter anaknya harus aware untuk pemeriksaan lanjutan," tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak Gampang Kelelahan? Awas, Bisa Jadi Tanda-tanda Penyakit Jantung Bawaan"