Hagia Sophia

10 April 2024

Beberapa Obat Sakit Mata Alami dan Medis

Foto: Ilustrasi mata merah (Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz)

Mata merah terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah permukaan mata membesar atau meradang. Kondisi ini biasanya merupakan reaksi terhadap sesuatu yang mengiritasi mata.

Mata merah bisa terjadi di satu atau dua mata dan bisa muncul secara tiba-tiba karena alergi atau cedera. Lantas apa saja obat mata merah?

Obat Sakit Mata Merah

Obat sakit mata merah bisa diatasi dengan obat medis dan juga perawatan alami. Berikut di antaranya:

1. Kompres Dingin
Kompres dingin bisa mengatasi mata merah dengan cara menyempitkan pembuluh darah pada mata. Tak hanya mengatasi kemerahan, cara ini juga mengurangi retensi cairan di sekitar mata. Mengutip Very Well Health, caranya yaitu:
  • Rendam lap atau handuk bersih ke dalam air untuk menyerapnya
  • Keluarkan dan peras
  • Kompres pada mata tertutup selama 5-10 menit
  • Ulangi beberapa kali sehari

2. Vasokonstriktor
Vasokonstriktor bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah kecil di konjungtiva. Gunakan obat tetes mata ini tidak lebih dari dua kali sehari. Teteskan sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur. Perlu diketahui bahwa vasokonstriktor tidak baik digunakan berkepanjangan.

3. Tetes Mata Antihistamin
Antihistamin dirancang untuk mengatasi gejala alergi mata (konjungtivitis alergi) terutama pada gatal, kemerahan, nyeri, perih, dan bengkak. Gejalanya dipicu oleh respons sistem kekebalan terhadap alergen.

Obat ini bisa digunakan empat kali sehari atau lebih baik lagi jika mengikuti saran dari dokter. Jangan menggunakan dua sampai tiga hari berturut-turut. Sebab dapat meningkatkan iritasi dan gejala lainnya.

4. Air Mawar
Obat mata selanjutnya adalah air mawar. Menurut Healthline, air mawar memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu meringankan gejala gangguan inflamasi mata seperti konjungtivitis.

Kamu bisa menggunakan air merah dengan meneteskannya ke mata. Teteskan satu atau dua tetes air mawar ke mata yang sakit, lalu bilas. Cara lainnya mengompresnya dengan kapan selama kurang lebih 20 menit.

5. Lidah Buaya
Lidah buaya juga mempunyai sifat antiinflamasi. Namun perlu diingat untuk tidak langsung memasukkan gel ini ke mata, karena bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar.

Gel lidah buaya aman digunakan pada bagian luar kelopak mata untuk meredakan kemerahan atau bengkak. Jangan sampai gel mengenai mata atau mengaplikasikannya terlalu dekat pada mata

6. Artificial Tears
Artificial tears atau air mata buatan yang dijual bebas bisa meredakan iritasi. Secara klinis air mata buatan dikenal sebagai obat tetes untuk penawar rasa sakit.

Obat ini diformulasikan untuk mengembalikan kelembaban pada mata yang kering dan meradang. Gunakan setiap jam selama enam jam pertama. Selanjutnya gunakan enam jam sehari.

7. Daun Sirih
Daun sirih mempunyai komponen bioaktif bersifat mikroba yang bisa dijadikan obat mata merah. Mengutip Ayureveryday, caranya yaitu:
  • Rebus segelas air, lalu tambahkan 5 lembar daun sirih
  • Biarkan dingin
  • Saring airnya dan gunakan untuk mencuci mata tiga kali sehari.

8. Kantong Teh Hijau
Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang mempunyai efek antioksidan dan antiinflamasi. Kafein dalam teh juga bisa menyempitkan pembuluh darah di jaringan sekitar mata dan mengurangi peradangan.

Caranya yaitu:
  • Seduh kantong teh
  • Keluarkan dari air, peras, lalu biarkan teh agak dingin
  • Masukkan ke lemari es selama beberapa jam
  • Letakkan kantong teh ke mata tertutup selama 10-25 menit. Jika mau kamu bisa lakukan pijatan lembut.
Itulah obat sakit mata merah baik yang medis maupun alami. Semoga cara ini bisa membantu mengatasi mata merahmu ya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Obat Sakit Mata Merah Alami dan Medis, Ada Air Mawar dan Antihistamin"