Hagia Sophia

07 April 2024

Ini Saran Dokter Bila Rest Area Penuh Tapi Ingin Istirahat

Penumpukan di rest area jadi dilema tersendiri bagi pemudik yang butuh beristirahat (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Musim mudik datang lagi. Saat musim mudik tiba, rest area kerap menjadi tempat favorit yang ramai oleh para pemudik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Namun, hal tersebut terkadang dapat menyebabkan masalah penumpukan di rest area.

Penumpukan di rest area bisa menjadi masalah tersendiri, terutama menjadi kendala bagi teman mudik untuk mendapatkan tempat yang nyaman apabila ingin beristirahat.

Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Praktisi kesehatan RS Abdi Waluyo, dr Yuhana Fitra, SpPD, menyarankan untuk mencari alternatif ketika tubuh ingin istirahat namun rest area penuh sesak. Misalnya dengan mencari penginapan-penginapan maupun fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan selain rest area.

"Sebenarnya kalau ingin istirahat pada saat mudik, sometimes nggak harus selalu di rest area, di sepanjang jalan itu kan sekarang sudah jadi tempat apa ya, industri bisnis sendiri ya, ada rest area, ada restoran, ada masjid, di sepanjang jalan yang bisa ditemui," saran dr Yuhana dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Penumpukan rest area yang kerap terjadi tersebut sebenarnya juga suatu hal yang tidak dapat dihindari, apalagi di musim mudik yang momentumnya bersamaan.

"Kalaupun misal temen-temen ga bisa berhenti di rest area untuk turun, temen-temen bisa sekadar minggir saja untuk tidur," tambah dr Yuhana.

Selain itu, dr Yuhana juga menekankan pentingnya memiliki camilan dan air putih di dalam kendaraan. Hal ini memastikan bahwa jika tidak dapat menemukan tempat untuk makan dan minum di rest area, setidaknya ada stok ketersediaan kebutuhan dasar untuk menunjang selama perjalanan.

Meski perbekalan mencukupi, sebisa mungkin tetap harus mencari tempat istirahat jika memang mulai merasa kelelahan. Memaksakan diri berkendara dalam kondisi tidak 100 persen bugar bisa berdampak serius dan bahkan fatal.

"Temen-temen bisa berhenti untuk tidur sekitar 30 menit memejamkan mata, jadi concern-nya itu untuk menghindari microsleep menghindari kecelakaan lebih lanjut," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rest Area Penuh di Musim Mudik, Istirahatnya Bagaimana? Ini Saran Dokter"