Hagia Sophia

07 April 2024

Beberapa Obat untuk Asam Urat Alami Ini Mudah Ditemui, Apa Saja?

Foto: Ilustrasi asam urat (Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Asam urat merupakan gangguan fisik yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada sendi, sehingga bisa mengganggu aktivitas.

Obat asam urat alami menggunakan bahan yang digunakan sehari-hari. Sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

Obat Asam Urat Alami

Obat asam urat alami di antaranya adalah air putih, kunyit, air lemon hingga seledri. Berikut informasi lengkapnya.

1. Air Putih
Menurut Medical News Today, salah satu cara untuk mengurangi gejalanya adalah memperbanyak minum air putih. Sebab, meningkatkan konsumsi cairan bisa merangsang ginjal untuk melepas kelebihan cairan. Sehingga dampaknya akan mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat

Air putih merupakan pilihan terbaik. Tapi, kamu juga bisa meminum teh herbal. Adapun minuman yang harus dihindari adalah alkohol dan soda.

2. Kunyit
Mengutip laman Fakultas Kedokteran UMSU, kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi. Sehingga, kunyit bisa membantu meredakan peradangan dan nyeri yang berkaitan dengan asam urat.

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa menambahkan kunyit dalam masakan. Selain itu bisa juga menggunakan suplemen kunyit yang mengandung kurkumin.

3. Air Lemon
Menurut studi di tahun 2015, menambahkan air buah lemon segar ke dalam dua liter air putih setiap hari bisa mengurangi asam urat pada penderitanya. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

4. Daun Salam
Senyawa anti inflamasi dan antioksidan dalam daun salam dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlancar aliran darah. Caranya yaitu rebus beberapa lembar daun salam, lalu minum air rebusannya.

5. Teh Kembang Sepatu
Mengutip laman Kabupaten Lamongan, kembang sepatu adalah salah satu jenis bunga yang bisa digunakan sebagai teh dan obat herbal. Selain cantik secara visual, teh ini bisa menurunkan kadar asam urat.

6. Daun Sirsak
Daun sirsak mengandung senyawa aktif seperti acetogenin yang mempunyai efek antiinflamasi dan bisa membantu mengurangi gejala asam urat. Caranya, rebus daun sirsak dalam air, lalu minum air rebusannya secara teratur

7. Lidah Buaya
Lidah buaya mempunyai sifat antiinflamasi dan analgesik yang bisa membantu meredakan peradangan dan nyeri asam urat. Oleskan gel lidah buaya di area yang sakit atau konsumsi jus lidah buaya.

8. Ceri
Menurut jurnal berjudul Effectiveness of Cherries in Reducing Uric Acid and Gout: A Systematic Review, ceri bisa membantu menurunkan kadar asam urat pada pengidap asam urat. Buah ini mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang memberi warna merah.

Senyawa tersebut merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat.

9. Minyak Ikan
Seiring berjalannya waktu, minyak ikan bisa menurunkan risiko asam urat. Hal ini disebabkan karena salah satu manfaat minyak ikan adalah mengurangi risiko penyakit peradangan. Khasiat ini berkat asam lemak omega -3 dalam minyak ikan

Menurut laman Dr Axe, asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi dan minyak ikan terbukti efektif mengobati radang sendi. Jadi, masuk akal jika kandungan omega-3 di dalamnya bermanfaat untuk penderita asam urat.

10. Nanas
Nanas mempunyai banyak khasiat untuk pengidap asam urat, Buah ini memiliki peran penting dalam menurunkan kadar asam urat dan mencegah terjadinya asam urat.

11. Seledri
Seledri adalah daun yang digunakan untuk masalah kemih dan asam urat. Menurut penelitian, ada banyak sekali antioksidan dari seledri, yaitu seperti asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulat. Hal ini membuat seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti nyeri sendi, asam urat, infeksi ginjal dan hati, kelainan kulit, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengkonsumsi ekstrak biji seledri, membuat jus seledri, atau memakannya langsung. Semuanya baik untuk mengobati asam urat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Ditemui dengan Mudah, Apa Saja?"