Hagia Sophia

07 April 2024

Sering Minum Kopi Bisa Picu Osteoporosis? Ini Kata Dokter

Foto: Ilustrasi iStock

Tak dapat dipungkiri bahwa kopi menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. Selain meningkatkan energi saat beraktivitas, minum kopi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Meski begitu, tak sedikit pula yang mengaitkan kafein di dalam kopi disebut-sebut bisa memicu osteoporosis atau kerapuhan tulang. Benarkah demikian?

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo dr Faisal Parlindungan SpPD-KR, menegaskan sampai saat ini belum ada penelitian yang jelas dan menyatakan konsumsi kafein bisa memicu osteoporosis.

Meski begitu, dr Faisal tak menampik bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa mengganggu metabolisme kalsium. Sebagaimana diketahui, kalsium memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan tulang

"Apalagi kalau misalnya konsumsi kalsiumnya sedikit, kopinya banyak. Maka logikanya mungkin, kalsiumnya dikit, kopinya banyak, maka penyerapan kalsium akan diganggu si kafein," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, konsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi juga dapat mengganggu pembentukan vitamin D. dr Faisal mengatakan, vitamin ini juga memiliki peran penting untuk kesehatan tulang.

"Jadi memang itu mekanisme-mekanisme yang mungkin memiliki efek jika konsumsi kafein yang tinggi akan mengganggu metabolisme kalsium. Tapi sekali lagi belum ada penelitian, belum ada guideline, atau bukti yang kuat, untuk membuktikan hubungan itu," imbuhnya.

Serupa, spesialis gizi, dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK mengatakan memang secara langsung tidak menyebabkan osteoporosis. Namun, mengonsumsi kafein dapat menghambat penyerapan kalsium sekitar 4 miligram.

Karena itu, ia menyarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi kopi, hanya satu hingga dua cangkir sehari.

"Memang dari awal khususnya bagian muda, kebiasaan minum kopi selama ini kita menjaga. Mungkin secara langsung tidak langsung tidak menyebabkan osteoporosis, namun kita harus menjaga dari awal sebelum usia 40 tahun," imbuhnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Keseringan Minum Kopi Bisa Picu Osteoporosis? Dokter Bilang Gini"