Hagia Sophia

07 April 2024

Kasus Langka, Wanita Ini di Tubuhnya Tumbuh Ribuan Tumor

Kisah wanita yang memiliki tumor di sekujur tubuh. Foto: Facebook Charmaine Sahadeo

Seorang wanita di Chaguanas, Trinidad, bernama Carmaine Sahadeo (42) mengalami kondisi langka yang membuatnya mengidap ribuan tumor di sekujur tubuhnya. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit neurofibromatosis NF-1.

Ribuan tumor tersebut ada di kulit kepala, mulut, seluruh wajah, lengan, kaki, payudara, hingga daerah intimnya. Tumor yang muncul hampir menutupi seluruh hidungnya hingga Charmaine kerap sulit bernapas dengan normal. Benjolan yang ada di tubuhnya juga membuatnya sulit untuk berjalan hingga bahkan untuk sekedar duduk dan buang air kecil.

Karena kondisi langka tersebut, Charmain mengaku begitu takut suatu saat tiba-tiba tidak dapat bernapas dan meninggal sendirian.

"Semua benjolan begitu besar. Saya takut saya tidak bisa bernapas dengan benar dan saya akan mati," ucap Charmain dikutip dari Mirror, Sabtu (6/4/2024).

"Saya bahkan mungkin tidak dapat menghubungi seseorang pada waktu yang tepat untuk memberi tahu mereka," katanya.

Hanya ada sekitar satu dari 3 ribu orang di seluruh dunia yang mengidap neurofibromatosis NF-1 atau yang juga dikenal sebagai penyakit von Recklinghausen. Kondisi yang dialami Charmaine begitu parah hingga belum ada obatnya.

Penyakit ini terjadi akibat adanya perubahan pada gen NF-1 seseorang, yang mengontrol protein untuk membantu pertumbuhan sel dan dianggap dapat menghentikan tumor. Tumor yang tumbuh bisa bersifat kanker dan non-kanker.

Penyakit ini dapat diturunkan melalui keluarga. Ibunda Charmaine sebenarnya juga mengidap penyakit yang serupa namun tidak separah yang dialaminya. Ia juga merasa sedih, akibat kondisinya itu ia tidak bisa bermain bersama cucunya dengan normal.

"Kondisi ini sangat sulit karena orang hanya suka menatap dan kemudian mengatakan hal-hal negatif," ceritanya.

Dibantu seorang ahli bedah kanker kepala dan leher di Los Angeles Dr Ryan Osborne, Charmaine menjalani operasi untuk mengangkat tumor-tumor yang ada di tubuhnya. Pada operasi pertama yang dilakukan selama 13 jam, lusinan tumor termasuk yang besar di wajahnya berhasil diangkat.

Selama 10 minggu berikutnya, Charmaine menjalani 24 kali operasi lagi dengan total waktu 60 jam. Operasi tersebut berhasil mengangkat sebagian besar tumor di tubuhnya dan membuat Charmaine saat ini merasa jauh lebih baik.

"Hidup 100 persen lebih baik bagi saya. Saya menyukai penampilan saya sekarang. Saya merasa cantik. Saya benar-benar merasa cantik sekarang. Saya merasa luar biasa. Saya kembali sebagai orang yang berbeda. Saya tidak bisa mengharapkan yang lebih baik," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Wanita Miliki Ribuan Tumor di Sekujur Tubuh, Ngaku Takut Mati Sendirian"