Hagia Sophia

20 February 2023

Bayi Usia 1 Tahun Ini Beratnya Hingga 27 Kg, Ini Risiko Kesehatannya

Viral bayi satu tahun beratnya capai 27 kg. (Foto ilustrasi: iStock)

Viral bayi bernama Kenzie, punya bobot 27 kilogram di usia satu tahun. Ibunda Kenzie, Pitriah mengungkapkan berat badan anaknya memang berlebih sejak ia lahir.

"Memang sudah 4 kilo dia gede. Pas enam bulan dia badannya makin gede," kata Pitriah dikutip dari InsertLive, Minggu (19/2/2023).

"Dulu 18 (kg), terus sekarang ini jadi 27 (kg), lanjutnya.

Akibat obesitas yang dialaminya, tumbuh kembang Kenzie terganggu. Tidak seperti bayi seusianya, Kenzie belum bisa berdiri tegak.

"Memang sih dia belum bisa berdiri tegap. Memang kegede-an badannya," tutur Pitriah.

Dokter spesialis anak dari RSIA Bunda dr Abdullah Reza menyebut bayi satu tahun normalnya memiliki berat badan 7-11 kg. Menurutnya, anak yang kelebihan berat badan atau obesitas dipengaruhi berbagai macam faktor, seperti terlalu banyak makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup sedentari.

"Pertama adalah ketidakseimbangan antara asupan dengan keluaran, bisa makannya anak tersebut bisa melebihi dari kebutuhannya," ujar dr Abdullah.

"Kedua, aktivitas anak tersebut lebih kecil dibandingkan dengan yang harusnya dikeluarkan. Jadi nggak pernah berolahraga, nggak pernah main, dan lain sebagainya," lanjutnya

Selain dipengaruhi oleh faktor gaya hidup, obesitas pada anak juga dipengaruhi oleh faktor internal seperti genetik dan hormonal. Salah satu kelainan genetik yang memicu obesitas pada anak yaitu Prader-willi syndrome.

Risiko Kesehatan

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), efek obesitas pada anak bisa menimbulkan sejumlah penyakit, di antaranya:
  • Tekanan darah tinggi dan kolesterol yang merupakan faktor risiko penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Kesulitan bernapas, asma dan sleep apnea
  • Masalah sendi seperti osteoartitis dan gangguan muskoskeletal
  • Penyakit batu empedu dan kandung kemih
  • Masalah psikologis seperti kecemasan dan depresi
  • Kualitas hidup rendah
  • Rentan terkena bullying dan stigma buruk
  • Berpotensi terkena obesitas ketika dewasa.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Bayi 1 Tahun Berat Badannya Capai 27 Kg, Inikah Pemicunya?"