Hagia Sophia

20 February 2023

Liga Italia: Spezia Kalah dari Juventus 0-2

Juventus kini berada di peringkat ketujuh Liga Italia. Foto: Getty Images/Francesco Scaccianoce

Juventus berhasil mengalahkan Spezia 2-0 pada pekan ke-23 Liga Italia musim ini. Bianconeri pelan-pelan mulai bergerak ke papan atas klasemen sementara.

Bermain di Stadion Alberto Picco, Senin (20/2/2023) dini hari WIB, Juventus berhasil membawa pulang tiga poin ke Turin berkat gol-gol dari Moise Kean pada menit ke-32 dan Angel Di Maria pada menit ke-66.

Hasil ini mengantarkan skuad asuhan Massimiliano Allegri naik ke urutan tujuh dengan 32 poin. Sementara Spezia menempati peringkat 17 dengan 19 poin.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah memberi ancaman lebih dulu di menit ke-10. Daniele Verde melepaskan tembakan mendatar ke arah gawang, namun bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Juventus, Mattia Perin.

Peluang bersih tim tamu baru tercipta pada menit ke-26. Danilo berhasil menyambut umpan sepak pojok Leandro Paredes, namun sundulannya melenceng dari sasaran. Baru di menit ke-32 Juventus berhasil memecah kebuntuan.

Umpan silang Filip Kostic dari sisi kiri berhasil disambut Moise Kean dengan tembakan first time ke sudut kanan gawang Spezia. Kiper Federico Marchetti yang belum 10 menit berada di lapangan mencoba menghalau, namun gagal.

Momen ketika Kean mencetak gol pertama Juventus. Foto: AFP via Getty Images/ANDREAS SOLARO

Tertinggal satu gol, Spezia berupaya membalas. Eldor Shomurodov mendapat peluang di menit ke-33, namun sundulannya melambung di atas gawang. Striker Uzbekistan itu kembali mendapat peluang pada menit ke-40, namun sundulannya berhasil ditangkap Perin.

Skor 1-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Kean hampir mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-47. Ia berhasil menyambar umpan silang Alex Sandro, namun sundulannya melebar di sisi kiri gawang lawan.

Spezia terus berupaya menyamakan kedudukan. Emmanuel Gyasi mendapat kesempatan pada menit ke-50 usai menerima crossing Verde, namun sundulannya berhasil diamankan Perin. Kiper 30 tahun itu juga menghalau tembakan voli Verde empat menit berselang.

Bukannya menyamakan kedudukan, Spezia justru kembali kebobolan pada menit ke-66. Angel Di Maria yang baru sekitar 10 menit di lapangan melepaskan tembakan jarak jauh mendatar yang bersarang di sudut kanan bawah gawang, menaklukkan Marchetti.

Di Maria merayakan golnya ke gawang Spezia. Foto: AFP via Getty Images/ANDREAS SOLARO

Tertinggal dua gol, Spezia tak lantas menyerah. Perin dipaksa berjibaku menyelamatkan gawang Juventus. Pertama ia menahan tembakan jarak dekat Gyasi pada menit ke-72, kemudian menepis sundulan Dimitrios Nikolaou pada menit ke-82.

Juventus juga terus mengejar gol ketiga, namun sejumlah peluang yang ada di sisa waktu tak ada yang berhasil menaklukkan Marchetti. Skor 2-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Spezia: Dragowski (Marchetti 25'), Amian, Ampadu, Nikolaou, Gyasi, Bourabia, Ekdal (Caldara 80'), Agudelo (Nzola 59'), Reca, Verde (Maldini 80'), Shomurodov.

Juventus: Perin, Alex Sandro, Rugani, Danilo, Kostic (Iling-Junior 81'), Rabiot, Paredes (Fagioli 46'), Locatelli, Cuadrado (De Sciglio 46'), Kean (Di Maria 56'), Vlahovic (Bonucci 90+3').




















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Spezia Vs Juventus: Di Maria Cetak Gol, Bianconeri Menang 2-0"