Hagia Sophia

20 February 2023

Wanita Ini Harus Masuk RS Karena Kecanduan Rokok Elektrik

Ilustrasi popcorn lung. (Foto: Getty Images/iStockphoto/photo_chaz)

Abby Flynn, wanita di Inggris harus dirawat di RS akibat mengidap penyakit paru-paru langka. Hal ini dikarenakan dirinya kecanduan rokok elektrik atau vape sejak 2021.

Wanita asal Milton Keynes, Buckinghamshire, Inggris sebelumnya tidak pernah merokok sama sekali. Dikarenakan vape saat itu sedang tren di kalangan anak muda, ia akhirnya mencoba benda tersebut.

Flynn benar-benar kecanduan vape. Dalam satu hari, ia sanggup menghabiskan likuid vape yang setara 140 batang rokok.

"Ketika saya memulainya, itu adalah tren yang sedang berlangsung, semua orang memiliki vape sekali pakai," ucapnya dikutip dari Daily Mail, Jumat (17/2/2023).

Hingga akhirnya pada suatu pagi, ia merasakan batuk-batuk tanpa henti. Gejala tersebut semakin parah dan berlangsung selama 18 bulan.

Setelah pergi ke rumah sakit, Flynn didiagnosis terkena popcorn lung atau penyakit bronkiolitis obliterans (BO). Kondisi ini bisa berakibat fatal jika tak mendapatkan perawatan segera.

"Awalnya sakit tapi setelah 18 bulan, batuknya semakin parah," tuturnya lagi.

Dokter yang menangani Flynn memperingatkan dirinya bisa bergantung pada tabung oksigen sebelum usianya mencapai 30 tahun. Mendengar peringatan tersebut, Flynn berjanji pada dirinya sendiri untuk berhenti menggunakan vape.

Mengenal Popcorn Lung

Dokter spesialis paru RS Persahabatan dan Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), menyebut istilah 'popcorn lung' kemungkinan mengacu pada bercak putih timbul di paru-paru akibat inflamasi, khususnya pada pengguna vape.

"Vape itu uap yang dihisap sehingga masuk ke paru-paru atau saluran napas yang ada uapnya akan menimbulkan inflamasi. Iritasi di saluran napas sehingga kemudian menjadi batuk-batuk dan pada pasien-pasien asma atau PPOK akan terjadi sesak," jelasnya dalam diskusi daring beberapa waktu lalu.

"Kemudian kalau sampai timbul peradangan, itu ada bercak-bercak. Karena bercaknya itu disebut seperti putih-putih seperti popcorn," imbuh dr Erlina.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nasib Wanita Kecanduan Vape dari 2021, Bak Ngerokok 140 Batang Tiap Hari"