Hagia Sophia

20 February 2023

Ini yang Membuat Kasus Diabetes Anak Naik 70 Kali Lipat

Dokter ungkap alasan diabetes anak di RI meningkat 70 kali lipat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/SB Arts Media)

Kasus diabetes meningkat tajam hingga 70 kali lipat, bila dibandingkan dengan tren 2010. Pada bulan Januari 2023, kasus diabetes pada anak sudah mencapai 1.656.

Peningkatan yang drastis tersebut lantas menjadi pertanyaan masyarakat. Apakah pemicunya?

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muhammad Faizi, Sp.A(K) menjelaskan jika hal itu berkaitan erat dengan jumlah pelaporan kasus.

Menurutnya, ada kemungkinan jika kasus diabetes pada anak sudah banyak sejak dulu, namun tidak terdata dengan baik. Walau begitu, kini pendataan jauh sudah lebih baik lantaran masyarakat yang sudah makin sadar dengan diabetes pada anak.

"Secara pelaporan meningkat. Mungkin dari dulu sudah banyak (kasus diabetes pada anak) tapi tidak tercatat," ucap dr Faizi pada detikcom, Minggu (19/2/2023).

"Bisa jadi kemungkinan kita underreported tidak terlaporkan dengan baik, tidak terdiagnosis dan sekarang ini masyarakat makin mengerti, dokternya makin aware, makin banyak yang melaporkan jadi peningkatannya tinggi," sambungnya.

Jika didata dengan benar, dr Fauzi memperkirakan jika kasus diabetes pada anak saat ini bisa saja dua kali lipat lebih tinggi dari yang dilaporkan.

"Kalau kita rata-rata taruhlah sama dengan ras asia lainnya, mungkin kemungkinan kita ini bukan seribu enam ratusan (kasus diabetes pada anak), mungkin bisa 3.100 atau 3.200 kalau pelaporannya baik itu," jelas dr Faizi.

dr Faizi menjelaskan banyak orang yang mengira peningkatan kasus diabetes pada anak terjadi karena dulu hanya ada sedikit kasus. Padahal hal itu terjadi justru karena masih kurangnya pelaporan diabetes pada anak.

"Sekarang itu pelaporannya masih lumayan ya bisa mencapai 2 (kasus) per 100.000 (jiwa), dibandingkan tahun 2010 ya pasti pelaporannya mungkin nggak banyak yang melaporkan sehingga dipikirnya sedikit diabet anak, ternyata banyak juga, begitu," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Ini Alasan Kasus Diabetes Anak RI Naik 70 Kali Lipat"