Hagia Sophia

26 May 2023

Update COVID-19: 26 Mei 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 594 dan 5 Meninggal

istimewa

Kasus Corona di Indonesia bertambah 594 pasien, sementara jumlah orang yang sembuh tercatat sebanyak 682 di Jumat (26/5/2023). Sayangnya, masih ada laporan kasus meninggal yakni 5 orang.

Ada 16.167 spesimen yang diperiksa, sementara kasus suspek berada di 1.466.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan risiko penularan virus, meski status COVID-19 tidak lagi darurat secara global. Setiap negara wajib mempersiapkan diri jika kemungkinan adanya pandemi berikutnya.

Beberapa ahli memperkirakan pandemi yang mungkin muncul bakal dipicu oleh zoonotik atau virus yang melompat dari hewan ke manusia. Hal ini dikarenakan lebih dari 70 persen pandemi berasal dari zoonosis.

Pakar epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menilai risiko munculnya disease X yang menjadi pemicu pandemi juga bisa terjadi di Indonesia. Itu karena wilayah RI termasuk kawasan dengan kekayaan hewan liar.

"Wilayah yang masuk kategori hotspot atau redzone untuk menjadi kontributor atau lahirnya atau penyakit baru yang bisa menjadi pandemi adalah Asia Tenggara atau Indochina lebih tepatnya. Termasuk China dan ke bawahnya termasuk Indonesia di situ," ucap Dicky ketika dihubungi detikcom, Rabu (24/5/2023).

"Kawasan ini adalah kawasan yang kaya akan kehidupan liar hewan dengan alamnya yang kita tahu lebih dari 90 persen virus yang berpotensi menjadi zoonotic disease itu ada di dalam alam liar dan belum ditemukan oleh manusia," sambungnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 26 Mei: Tambah 594 Kasus Baru, Kasus Aktif 13.659"