Hagia Sophia

15 September 2023

Manfaat Pijat Payudara dan Cara Melakukannya

Ilustrasi pijat payudara. Foto: iStockphoto

Pijat payudara sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Namun bagi wanita yang tidak sedang menyusui pun, bisa mendapat banyak manfaat dari pijat payudara.

Area payudara yang dipijat bisa terjaga kesehatannya, bahkan bisa mengindentifikasi jika ada gangguan lain. Dengan manfaat yang sangat berharga bagaimana cara pijat payudara?

Cara Pijat Payudara dan Manfaatnya

Beberapa manfaat dari pijat payudara di antaranya yaitu melancarkan ASI hingga perawatan diri. Berikut penjelasannya:

Melancarkan dan Meningkatkan Kualitas ASI

Mengutip Healthline, pijat payudara memberikan manfaat bagi ibu menyusui. Menurut sebuah penelitian, pijat payudara sangat meningkatkan kualitas ASI apabila dilakukan pada tahun pertama setelah melahirkan.

Selain itu, pijat payudara juga membantu melancarkan ASI. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kombinas menyusui dan pijat dapat mengosongkan saluran dan mendorong produksi lebih banyak susu.

Cara melakukan pijatan payudara untuk ibu menyusui yaitu:
  1. Pada satu payudara, letakkan empat jari di bagian payudara atas dan empat jari lainnya di payudara bagian bawah. Pijat dengan pola melingkar.
  2. Pindah ke sisi payudara, lanjutkan dengan pola melingkar.
  3. Coba gunakan ujung jari untuk menekan dan memijat seluruh bagian payudara
  4. Letakkan jari telunjuk di belakang pangkal puting. Satukan jari-jari dan berikan tekanan lembut pada payudara. ASI akan keluar dari puting sambil terus diperas dengan ritmis (dengan kecepatan detak jantung).

Mengurangi Nyeri Saat Menyusui

Dalam sebuah riset, sekelompok ibu yang baru menyusui diberi dua kali pijat payudara selama 30 menit dalam 10 hari setelah melahirkan. Hasilnya, nyeri yang dirasakan lebih sedikit dibandingkan dengan ibu yang tidak mendapat pijatan.

Selain itu, pijat juga bisa mencegah dan mengatasi masalah pembengkakan, seperti penyumbatan saluran susu dan infeksi pada jaringan payudara. Adapun cara memijatnya sama dengan pijatan payudara untuk melancarkan ASI.

Identifikasi Dini Kanker Payudara

Pemeriksaan payudara dan pijat menjadi cara mengidentifikasi kanker payudara tahap awal. Menurut studi, 25 persen wanita mendeteksi kanker payudara ketika melakukan pemeriksaan mandiri.

Cara melakukannya adalah:
  1. Berdiri di depan cermin, lakukan pemeriksaan visual pada payudara. Cari perbedaan ukuran, warna atau bentuk. Letakkan tangan di samping tubuh, lalu pinggul, lalu atas kepala untuk melihat dari sudut yang berbeda.
  2. Letakkan satu tangan di belakang kepala dan tiga jari di payudara. Gerakan jari dalam lingkaran kecil di atas jaringan payudara. Beri tekanan ringan, sedang dan keras saat menggerakkan jari untuk menutupi seluruh area payudara
  3. Ulangi pijatan pada payudara lainnya
  4. Selesaikan pijatan dengan meremas setiap puting untuk mencari apakah ada cairan atau rasa sakit. Jika ada, periksakan ke dokter.

Menstimulasi Sistem Limfatik

Jaringan payudara mencapai area di bawah ketiak. Ada banyak kelenjar getah bening di bagian tubuh ini dan memijatnya bisa membantu menstimulasi sistem limfatik.
Sistem limfatik ini membantu tubuh mengeluarkan racun.

Cara memijat payudara untuk menstimulasi sistem limfatik adalah
  1. Pijatan ini dimulai dari area aksila di bawah lengan. Di sini kamu mungkin merasakan kelenjar getah bening di bawah kulit.
  2. Lanjutkan dengan gerakan searah jarum jam pada payudara kanan dan berlawanan arah jarum jam pada payudara kiri

Meredakan Ketegangan pada Otot Dada

Buat yang sedang merasa pegal, pijat payudara dapat membantu meredakan ketegangan pada otot dada. Misalnya usai olahraga, yang menggerakkan seluruh otot di tubuh.

Jika kamu merasakan ketegangan di bagian punggung juga bisa mengimbanginya dengan pijatan dada. Sebab, pijatan di bagian dada bisa menghasilkan relaksasi yang lebih tahan lama dibandingkan hanya dilakukan di bagian punggung.

Cara meredakan ketegangan otot pada payudara difokuskan pada punggung, bahu dan dada. Namun, dianjurkan untuk mendapat pijatan ini dari seorang profesional.

Perawatan Diri

Mengutip Kinfertility, sentuhan diri atau pijat payudara bisa meningkatkan sekresi hormon oksitosin dan prolaktin dari kelenjar pituitari. Hormon-hormon ini bisa menghasilkan perasaan rileks.

Selain itu, memijat payudara di awal kehamilan juga bisa membantu mencegah stretch mark di kemudian hari. Menurut Bebodywise, caranya, lakukan pijat payudara selama 15 menit dengan minyak almond.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Pijat Payudara dan Manfaat Melakukannya dengan Benar"