Hagia Sophia

10 October 2023

Ini Komentar Guardiola Tentang Gaya Main Allegri

Massimiliano Allegri. Foto: Getty Images/Jonathan Moscrop

Massimilliano Allegri kerap dikritik karena gaya bermain Juventus dianggap kurang atraktif. Manajer Man City Pep Guardiola menegaskan, Allegri sah-sah saja demikian.

Allegri mengusung permainan pragmatis berbasis pertahanan yang solid. Pada lima tahun pertamanya, Allegri sukses membawa Juve mendominasi sepakbola Italia dengan lima Scudetto dan empat Coppa Italia.

Pada periode keduanya mulai 2021, Allegri memimpin Bianconeri tetap di papan atas. Meskipun Juve lantas finis ketujuh pada musim lalu usai dihukum pengurangan 15 poin karena memanipulasi keuangan yang dilakukan bos-bos klub. Sekadar informasi, tanpa skandal itu Dusan Vlahovic dkk akan finis tiga besar.

Sementara itu gaya bermain Massimiliano Allegri bisa dibilang berseberangan dengan sistem usungan Guardiola. Manajer Spanyol itu justru dikenal karena mengusung gaya permainan atraktif dan tidak segan melakukan utak-atik posisi pemain yang berakhir jitu.

Kendati demikian, Pep Guardiola tidak setuju dengan kritik yang dialamatkan kepada Allegri. Sembari menyebut Manajer Brighton Roberto de Zerbi, yang sedang naik daun, Guardiola mengatakan semua sistem permainan pada akhirnya bermuara pada satu tujuan, yaitu kemenangan.

"Apakah anda kira Allegri, yaitu pelatih Juventus atau De Zerbi, satu ingin menang dan lainnya tidak? Ini adalah perdebatan yang kuno, lebih dari kuno," ceplos Guardiola dilansir Football-Italia.

"Allegri mengira dia akan menang dengan cara seperti ini, dan De Zerbi percaya dia akan menang dengan gayanya. Dikatakan dia [Allegri] tidak ingin main cantik, dia ingin menang dan berpikir dia akan melakukannya dengan caranya sendiri."

"Setiap pelatih 'kan ingin menang, saya tidak pernah dengar siapapun mengatakan: 'Tidak, saya hanya ingin main cantik dan menciptakan taktik. Saya tidak peduli jika saya tidak menang'. Saya tidak pernah tuh bertemu dengan pelatih atau pemain yang tidak ingin menang. Saya tidak pernah melihat pemain di atas lapangan yang tidak ingin bermain bagus," Guardiola menyimpulkan.












 

















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Guardiola Komentari Gaya Main Tak Atraktif Allegri"