Hagia Sophia

10 October 2023

Secara Mengejutkan, Tottenham Berada di Puncak Liga Premier Inggris

Tottenham Hotspur memimpin klasemen Liga Inggris setelah delapan pekan. (Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)

Tottenham Hotspur secara mengejutkan memimpin Premier League setelah delapan pekan berjalan. Mereka punya sebuah keuntungan besar, tapi apa bisa terus di atas?

Tottenham Hotspur memulai musim ini dengan mengemban keraguan besar. Mereka menunjuk manajer baru, Ange Postecoglou, yang belum punya pengalaman di Premier League, juga kehilangan sosok penyerang sekaligus pemimpin: Harry Kane.

Tapi ternyata Postecoglou justru mampu meramu Spurs menjadi tim yang solid dan andal secara kolektif. The Lilywhites belum terkalahkan di delapan laga pertama, meraih enam kemenangan dan dua kali imbang, untuk memimpin klasemen dengan keunggulan gol atas Arsenal yang juga mengukir laju serupa.

Dalam perjalanannya, mereka sudah menaklukkan Manchester United dan Liverpool, juga menahan Arsenal. Spurs polesan Postecoglou juga dipuji karena bermain menyerang dan tak takut-takut siapapun lawannya.

Penyerang legendaris Inggris Alan Shearer mengakui Spurs adalah kejutan besar, meski masih ragu mereka bisa bersaing di pertarungan titel. Namun James Maddison dkk jelas punya keuntungan penting: absen dari kompetisi Eropa yang menguras fisik dan mental.

"Kejutan besarnya adalah melihat Tottenham memimpin menuju jeda internasional. Tapi mereka ngebut di bawah bos baru, Ange Postecoglou, dan sudah memetik sejumlah hasil mengesankan," tulisnya dalam kolom di BBC.

"Saya enggak yakin berapa lama Spurs akan bertengger di pucuk, tapi fakta bahwa mereka tak tampil di kompetisi Eropa musim ini jelas akan membantu peluang mereka untuk bertahan di empat besar."

"Itu berarti skuad mereka tak akan menghadapi tuntutan yang sama seperti para rival yang tampil di Eropa, dalam hal kualitas dan kedalaman tim yang dibutuhkan untuk tampil di dua kompetisi itu."

"Kita melihat seberapa banyak situasi serupa membantu Newcastle lolos ke posisi Liga Champions musim lalu, dan sekarang itu bisa menguntungkan Spurs juga," imbuh top skor sepanjang masa Premier League ini.











 

















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Spurs Puncaki Premier League adalah Kejutan, tapi Sampai Kapan?"