Hagia Sophia

10 October 2023

Oktober Merupakan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia, Ini Sejarahnya

Oktober ditetapkan sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/lovelyday12)

Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia atau Breast Cancer Awareness Month dirayakan pada bulan Oktober setiap tahun. Selama satu bulan, momentum tersebut dijadikan ajang untuk mengajak masyarakat dunia memberi perhatian terhadap penyumbang kematian tertinggi pada wanita.

Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati urutan pertama jumlah kanker terbanyak. Berdasarkan data Globocan 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 (16,6 persen) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Di sisi lain, jumlah kematian akibat kanker payudara mencapai lebih dari 22 ribu kasus.

Sejarah Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia

Dikutip dari Brevard Health, peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia mulai dirayakan sejak 1985. Momen ini pertama kali diinisiasi oleh American Cancer Society dan Imperial Chemical Industries (kini bagian dari AstraZeneca yang memproduksi sejumlah obat anti-kanker).

Peringatan ini dilakukan lantaran kedua perusahaan tersebut melihat seberapa besar risiko kanker payudara sehingga berinisiatif membangun kesadaran masyarakat terhadap penyakit tersebut.

Acara peringatan ini semakin menjadi perhatian kala itu lantaran Betty Ford, istri Presiden AS ke-38 Gerald Ford, merupakan seorang penyintas kanker payudara. Ia pun menjadi salah satu sosok yang mendorong terwujudnya acara peringatan tersebut.

Simbol Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia

Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia dilambangkan dengan pita berwarna pink. Dikutip dari laman Susan G Komen, desain pita pink tersebut sudah diluncukan pada 1982 sebagai bentuk dukungan dan kenangan untuk Susan G Komen yang meninggal akibat kanker payudara.

Barulah pada 1992 pita pink digunakan sebagai simbol kampanye oleh perusahaan kosmetik Estee Lauder. Mereka membagikan sekitar 1,5 juta pita pink dan mengusulkannya sebagai lambang dari bulan kesadaran Kanker Payudara Sedunia.

Menariknya, warna pita tersebut awalnya dicanangkan peach atau warna persik. Namun berkat usaha gigih Estee Lauder yang bekerja sama dengan majalah Self, warna pink diputuskan sebagai simbol bulan kesadaran Kanker Payudara Sedunia yang hingga kini digunakan oleh organisasi di seluruh dunia.

Gejala Kanker Payudara

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), setiap orang mengalami gejala kanker payudara yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa tidak mengalami gejala sama sekali.

Berikut beberapa tanda-tanda yang menjadi indikasi adanya kanker payudara.
  • Benjolan di dada atau ketiak
  • Pembengkakan dan nyeri di area payudara
  • Kemerahan atau pembesaran pada pori-pori kulit payudara
  • Kulit mengelupas di sekitar puting payudara
  • Puting tertarik masuk (retraksi ke dalam)
  • Darah keluar dari puting payudara
  • Perubahan bentuk payudara
  • Twibbon Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia
  • Guna semakin meningkatkan kepedulian terhadap pengidap kanker payudara, seluruh pihak harus bekerja sama untuk mendukung pengobatan yang maksimal agar pengidap kanker payudara bisa memiliki harapan hidup yang lebih baik.











 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia: Sejarah, Simbol, dan Twibbon"