Hagia Sophia

10 October 2023

Wanita Ini Idap Autoimun Polimiositis, Apakah Itu?

Foto: Tangkapan layar viral TikTok

Baru-baru ini viral di TikTok kisah seorang wanita asal Jakarta bernama Imas yang mengidap autoimun polimiositis. Pasalnya, Imas mengira bahwa pada mulanya ia hanya mengalami pegal-pegal biasa. Namun kini, ia harus merasakan hampir lumpuh di usia 28 tahun.

"Jadi awalnya itu pegal-pegal, aku kira kecapekan, tapi ternyata di hari-hari yang aku nggak beraktivitas itu juga pegal," ungkap Imas kepada detikcom, Senin (9/10/2023).

Ia pun kerap mengalami tegang otot pada bagian bahunya. Seiring berjalannya waktu, tubuhnya menjadi lemah secara bertahap. Pegal-pegal yang ia rasakan membuatnya kesulitan menjalankan berbagai aktivitas, seperti naik tangga, dan mengangkat tangan ke atas.

Setelah beberapa kali pergi ke dokter dan melakukan pengecekan, alih-alih membaik, kondisinya kian menurun. Akhirnya, pada bulan Juli 2022, Imas divonis mengidap autoimun poliomiositis setelah melakukan pemeriksaan MRI ulang dan tes kesehatan lainnya.

Kini, Imas harus menggunakan alat bantu seperti tongkat dan kursi roda untuk beraktivitas. Ia juga harus rutin meminum obat dan melakukan fisioterapi akibat kondisinya.

Lantas, apa itu autoimun polimiositis?

Dikutip dari Cleaveland Clinic, polimiositis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan dan kelemahan pada otot. Kondisi ini dianggap sebagai penyakit autoimun.

Biasanya, polimiositis memengaruhi otot-otot yang paling dekat dengan batang tubuh. Pada akhirnya, penderita polimiositis mengalami kesulitan saat bangkit dari posisi duduk, menaiki tangga, mengangkat benda, atau menggapai benda di atas kepala. Pada beberapa kasus, otot yang tidak dekat dengan batang tubuh akan terpengaruh seiring dengan perkembangan penyakit.

Polimiositis berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu dan jarang menyerang orang yang berusia di bawah 18 tahun. Kondisi pun ini lebih sering terjadi pada wanita (sekitar 2 banding 1).

Apa penyebab polimiositis?

Penyebab polimiositis tidak diketahui, tetapi ada indikasi bahwa faktor keturunan berperan dalam penyakit ini.

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa kondisi ini dapat terjadi ketika sel-sel sistem kekebalan tubuh menyusup dan menyerang jaringan otot (proses autoimun).

Apa saja gejala polimiositis?
  • Lemah otot
  • Kesulitan bangkit dari kursi, naik tangga, atau mengangkat barang
  • Kesulitan menelan
  • Sakit otot
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Ruam merah atau ungu di sekitar mata
  • Demam
  • Penurunan berat badan











 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Autoimun Polimiositis, Viral Dialami Wanita DKI Hingga Nyaris Lumpuh"