Hagia Sophia

19 November 2023

Pengakuan Haaland, Cristiano Ronaldo Inspirasinya

Erling Haaland berguru ke Cristiano Ronaldo. (Foto: John Walton/AP)

Erling Haaland menjadi penyerang mengerikan saat ini. Striker Norwegia itu rupanya 'berguru' ke Cristiano Ronaldo lewat Youtube.

Haaland terus berkembang menjadi penyerang mematikan, sejak berseragam RB Salzburg, kemudian pindah ke Dortmund dan kini bersama Manchester City. Kandidat peraih Ballon d'Or 2023 beberapa waktu lalu itu mengaku Cristiano Ronaldo-lah inspirasinya.

"Saya ingat selalu menyaksikannya di Youtube soal pergerakannya di kotak penalti. Dia biasa membuat dua atau tiga gerakan sebelum menyerang ruang yang dia ingin masuki," katanya kepada TV2.

"Itu jenis situasi duel yang biasa dihadapi dengan bek. Sangat penting untuk mengatur waktunya dengan sempurna. Dan setelahnya harus sangat bagus. Jika anda tidak mendapatkan umpan silang yang bagus, anda tidak akan bisa mencetak gol dengan kepala."

Bagaimana Cristiano Ronaldo bergerak, bagaimana dia bisa mengembangkan permainan. Anda ingat ketika dia bermain di Manchester United dan tahun-tahun pertamanya di Real Madrid, dia lebih menjadi striker di Real Madrid."

"Sungguh luar biasa dia bisa melakukannya. Juga bagaimana dia mencetak gol. Itu soal pergerakannya di dalam kotak penalti, dan bagaimana dia bisa mengecoh para pemain bertahan," ujar Haaland.

"Dalam situasi seperti itu, ini seperti duel dengan bek tengah. Penting untuk mengatur waktunya dengan sempurna. Dan postingannya harus bagus. Jika Anda tidak mendapatkan umpan silang yang bagus, Anda tidak akan bisa mencetak gol dengan kepala Anda.'

Hasil dari berguru ke Ronaldo lewat Youtube itu tampak berhasil dipetik Haaland. Penyerang berambut gondrong itu kini menjadi salah satu mimpi buruk bek-bek di dunia.

Haaland, yang mencuat bersama Salzburg sebelum dibeli Dortmund dan kini pindah ke Manchester City, sudah melesakkan 271 gol di level klub. 71 gol di antaranya ie cetak bersama The Citizens, sejak direkrut musim lalu.

Pada musim pertamanya di City, Erling Haaland langsung menggila dengan bikin 52 gol dalam semusim. Ia juga mengantar timnya merebut treble winners dengan menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Sementara Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pesepakbola terbaik setelah Lionel Messi. CR7 sudah mencetak 993 gol sepanjang kariernya di level klub, sejak di Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, Juventus, dan kini Al Nassr. Kemudian di Timnas Portugal, pemain 38 tahun itu sudah membuat 128 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Haaland 'Berguru' ke Ronaldo Lewat Youtube"