Hagia Sophia

24 January 2024

Beberapa Kota Berikut Ini Warganya Miliki Umur Panjang

Potret lansia di Jepang hidup sehat. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Beberapa kota di dunia memiliki kecenderungan di mana warganya bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan wilayah lainnya. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya seperti pola makan yang baik, aktivitas tinggi, hingga eratnya komunitas di antara warga.

Wilayah mana saja yang termasuk 'kota panjang umur' di mana warganya bisa berusia bahkan hingga 100 tahun. Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari National Geographic:

Ikaria, Yunani
Ikaria merupakan sebuah pulau di Yunani yang berada di laut Aegea. Pulau ini memiliki tingkat kematian usia paruh baya dan demensia terendah di dunia.

Penelitian menghubungkan peningkatan umur panjang mereka dengan pola makan tradisional mediterania. Pola makan ini mengandung banyak sayuran dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Selain itu, warga di Ikaria juga mengonsumsi lebih sedikit produk susu dan daging.

Beberapa jenis makanan yang banyak dikonsumsi yakni buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kentang. Pola makan mediterania ini membuat 1 dari 3 penduduk Ikaria hidup hingga usia 90-an dan terbebas dari berbagai penyakit kronis.

Okinawa, Jepang
Okinawa merupakan salah satu tempat di dunia yang menjadi 'rumah' bagi wanita dengan usia terpanjang di dunia, bahkan hingga berusia 100 tahun. Makanan sehat disebut-sebut menjadi rahasia hidup panjang warga Okinawa.

Beberapa makanan yang paling banyak dikonsumsi adalah ubi Okinawa, kedelai, mugwort, kunyit, dan goya atau pare. Selain makanan sehat, masyarakat Okinawa juga memiliki tradisi moai.

Moai merupakan sebuah lingkaran sosial kecil yang erat dimaksudkan untuk memberikan dukungan sosial kuat untuk meredam segala bentuk stres mental dan memperkuat perilaku sehat bersama.

Nicoya, Kosta Rika
Kosta Rika menjadi negara dengan tingkat kematian usia paruh baya terendah di dunia. Tidak hanya itu, negara ini juga memiliki konsentrasi pria centenarian atau berusia 100 tahun tertinggi kedua di dunia.

Beberapa rahasia panjang umur yang dimiliki warga Nicoya yaitu komunitas agama yang kuat, jaringan sosial yang mendalam, dan kebiasaan aktivitas fisik berintensitas rendah yang teratur.

Orang-orang di Nicoya mendapatkan sebagian besar asupan makananya dari kacang-kacangan, labu, dan jagung. Selain itu, mereka juga sangat gemar mengonsumsi buah-buahan tropis.

Loma Linda, Amerika Serikat
Loma Linda merupakan satu-satunya Blue Zone atau wilayah dengan umur harapan hidup yang tinggi di Amerika Serikat. Beberapa penduduknya hidup 10 tahun lebih sehat dibandingkan dengan rata-rata orang AS.

Warga Loma Linda memiliki konsentrasi komunitas Advent tertinggi di AS. Pola makan yang diterapkan mengikuti pola makan alkitabiah berupa biji-bijian, kacang-kacangan, sayur, dan menghindari daging.

Singapura
Dikutip dari Fortune, Singapura merupakan anggota terbaru yang masuk dalam kategori Blue Zone. Angka harapan hidup di Singapura sudah meningkat sebesar 20 tahun semenjak 1960. Jumlah centenarian meningkat dua kali lipat dalam dekade terakhir.

Beberapa hal yang menjadi kunci rahasia Singapura bisa menjadi salah satu Blue Zone adalah kebiasaan jalan kaki, akses makanan sehat yang lebih mudah, dan layanan kesehatan yang baik.

Singapura memiliki banyak wilayah yang sangat ramah pejalan kaki. Selain itu sistem transportasi di Singapura juga sangat baik. Pejalan kaki lebih diutamakan dari pada pengendara mobil,dan mereka bisa berjalan 10-20 ribu langkah setiap hari.

Sardinia, Italia
Sardinia merupakan dataran tinggi pegunungan di Italia yang memiliki konsentrasi pria berusia 100 tahun tertinggi di dunia. Pola makan yang dimiliki warga Sardinia dikaitkan dengan rendahnya tingkat penyakit diabetes, kanker, dan kematian di bawah usia 65 tahun.

Warga Sardinia memiliki pola makan berbasis tumbuhan, aktivitas harian yang tinggi, dan kekeluargaan yang tinggi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kota di Dunia yang Penduduknya 'Panjang Umur', Hidup Sehat Sampai Seabad"