Hagia Sophia

24 January 2024

Beberapa Makanan Ini Bisa Membuat BB Naik dan Lingkar Perut Melebar

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska

Ketika ingin menurunkan berat badan, sebagian besar orang memilih untuk mengurangi asupan karbohidrat. Mengurangi porsi karbohidrat memang berpengaruh pada penurunan berat badan, hanya saja ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Terlalu membatasi jumlah karbohidrat bikin tubuh cepat merasa lelah. Tak hanya itu, metabolisme tubuh dalam jangka panjang bisa ikut terpengaruh saat terlalu ekstrem membatasi karbohidrat.

Selain membatasi karbohidrat, penting dicatat beberapa makanan yang bisa bikin berat badan naik. berikut di antaranya dikutip dari Healthline.

1. Minyak kelapa
Meski sering disebut-sebut bisa menurunkan berat badan karena sifatnya yang mengurangi nafsu makan, tapi satu sendok makan minyak ini mengandung sekitar 120 kalori. Sehingga minyak kelapa menjadi salah satu hal yang harus dihindari karena berkontribusi pada penambahan berat badan.

2. Salad dengan saus tertentu
Tidak ada salahnya dengan mengonsumsi salad untuk menurunkan berat badan. Namun konsumsinya perlu dipertimbangkan kembali jika ditambahkan saus, seperti mayonaise dan honey mustard.

Selain mengandung sejumlah bahan berbahaya natrium, pengawet di dalamnya juga bisa memperlambat metabolisme tubuh.

3. Olahan ayam dan daging
Meski memberikan asupan protein lengkap dan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, konsumsi olahan ayam dan daging yang salah bisa mengakibatkan penambahan berat badan. Karena selama pemrosesan, dapat meningkatkan kandungan garam, lemak, pengawet, dan gula yang berakibat pada penambahan asupan kalori secara menyeluruh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Makanan yang Ternyata Bikin BB Naik, Lingkar Perut Jadi Melebar"