Hagia Sophia

02 February 2024

Ini Pesan Menkes ke Capres Terpilih

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: DetikHealth/Averus Al Kautsar)

Pemungutan suara pemilihan umum calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia tinggal menghitung hari. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berharap siapapun yang nantinya terpilih, bisa memprioritaskan isu kesehatan.

Menkes Budi menitipkan pesan agar masyarakat bisa tetap mendapatkan akses kesehatan yang memadai. Terlebih, tantangan ini berkaitan dengan target sebagai negara maju saat menghadapi bonus demografi di 2045. Bonus demografi diartikan sebagai mayoritas penduduk dalam suatu negara berada di dalam usia produktif.

"Siapapun nanti yang menjadi pemimpin kita, waktu kita sampai puncak demografi itu tinggal enam tahun lagi. Ini merupakan momentum 'window of opportunity' atau kesempatan yang paling besar untuk kita menjadi negara maju," ucap Menkes Budi saat ditemui wartawan di Jakarta Timur, Kamis (1/2/2024).

Menkes Budi menuturkan Indonesia bisa masuk kategori negara maju apabila pendapatan per kapita saat ini tiga kali lebih besar. Hal ini hanya bisa dicapai, apabila masyarakat sehat dan pintar.

"Itu kan butuh sehat, kalau nggak sehat ya nggak mungkin kita bisa mencapai hal tersebut. Oleh karena itu, makanya penting sekali pemimpin kita memastikan bahwa masyarakat kita itu sehat. Kalau anak sehat bisa jadi pintar," sambungnya.

Salah satu bentuk cara memastikan warga sehat menurut Menkes Budi adalah mengupayakan langkah preventif dan promotif sebaik mungkin, alih-alih fokus pada kuratif. Ketika masalah kesehatan masyarakat bisa dideteksi sedini mungkin, penyakit akan diatasi lebih cepat, peluang kesembuhan otomatis lebih tinggi.

Ketika warga sehat, Menkes Budi menuturkan masyarakat bisa tetap produktif bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

"Oleh karena itu puncak demografi bonus kita enam tahun lagi nih, jangan sampai salah pilih pemimpin, apalagi jangan sampai salah milih menkes atau mendikbud entar kelewat entar nggak tembus. Kalau nggak tembus, nanti kesempatannya menjadi lebih susah," sebut Menkes.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pesan Menkes ke Capres Terpilih, Titip Warga +62 Sehat demi Negara Maju"