Hagia Sophia

17 April 2024

Beberapa Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi dengan Kopi

Ilustrasi. (Foto: Ilustrasi iStock/Site)

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Orang-orang meminumnya hampir setiap waktu, baik itu saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Tapi ternyata, ada makanan-makanan tertentu yang tidak disarankan dikonsumsi bersama kopi. Pasalnya, kombinasi kopi dengan makanan tersebut dapat menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh serta memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Lalu, apa saja jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi bersama kopi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Daging
Minum kopi sambil makan daging di saat yang bersamaan tidak dianjurkan. Dikutip dari RBC Ukraine, kopi mengandung senyawa bernama tanin yang dapat mengikat beberapa mineral yang terkandung pada daging.

Tak hanya itu, mengonsumsi protein hewani bersama kopi juga dapat membuat tubuh mengeluarkan zinc yang seharusnya diserap. Karena itu, hindari mengonsumsi kopi dengan makanan yang mengandung zinc, seperti daging merah, unggas, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

2. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng memang terasa lebih nikmat jika disantap bersama kopi. Tapi, kebiasaan ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Makanan yang digoreng cenderung memiliki lemak dan kolesterol tinggi. Jika dikombinasikan dengan kafein, hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

3. Produk susu
Kombinasi susu dan kopi memang digemari banyak orang. Pasalnya, susu dapat mengatasi rasa pahit pada kopi dan membuatnya menjadi lebih nikmat.

Meski begitu, mengonsumsi susu atau produk olahannya bersama kopi tidak dianjurkan. Sebab, kopi dapat menghambat proses penyerapan kalsium yang ada pada susu, dan membuatnya dikeluarkan bersama dengan urine.

4. Makanan yang mengandung kunyit
Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk hampir seluruh jenis masakan. Namun, mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit bersama dengan kopi ternyata bisa memicu masalah kesehatan.

Dikutip dari Times of India, mengonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kunyit secara bersamaan dapat meningkatkan gas di dalam perut dan menyebabkan sembelit.

5. Makanan dingin
Kombinasi antara kopi panas dan makanan yang dingin juga sebaiknya dihindari. Sebab, hal ini bisa melemahkan sistem pencernaan dan memicu mual.

Karena itu, hindari mengonsumsi makanan dingin setidaknya 30 menit setelah minum kopi.

6. Makanan pedas
Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan pedas bersama dengan kopi dapat meningkatkan keasaman di perut. Hal ini dapat meningkatkan risiko asam lambung naik atau GERD, serta gangguan pencernaan.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan yang Tidak Disarankan Dikonsumsi Bersama Kopi"