Hagia Sophia

17 April 2024

Susah Bangun Pagi? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/vgajic)

Tak sedikit orang yang mengalami masalah sulit bangun pagi hingga selalu mengantuk bahkan setelah bangun. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang tidur malam terlalu larut.

Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas. Jika seseorang terus menerus mengalami kesulitan bangun tidur saat pagi hari, ternyata hal ini dapat menjadi indikasi gangguan mental yang perlu mendapatkan perawatan.

Ada beberapa masalah kesehatan mental yang menyebabkan sulit bangun pagi. Dikutip dari laman Verywell Mind, seseorang yang mengalami kesulitan bangun tidur, meski sudah tidur yang cukup, bisa saja mengalami masalah kesehatan mental.

Berikut ini adalah sederet masalah kesehatan mental yang mungkin menjadi pemicunya:

1. Depresi
Seseorang yang sulit bangun pagi memiliki kemungkinan masalah depresi. Selain itu, umumnya kondisi ini juga disertai beberapa keluhan seperti perasaan sedih, kekosongan atau merasa hampa dan putus asa sepanjang hari, serta perubahan nafsu makan atau pola tidur.

2. Kecemasan
Masalah kesehatan mental seperti kecemasan (anxiety) juga dapat memengaruhi seseorang sulit untuk bangun tidur. Penelitian menunjukkan sekitar 50 persen orang yang mengidap anxiety mengalami gangguan tidur, termasuk sulit bangun dari tidur.

3. Gangguan Bipolar
Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder bisa menjadi salah satu alasan seseorang sulit bangun tidur. Perubahan suasana hati bisa membuat pengidap ganggaun bipolar sulit memejamkan mata untuk tidur dan membuka mata untuk bangun.

4. Gangguan Afektif Musiman
Gangguan afektif musiman atau Seasonal Affective Disorder adalah bentuk depresi terkait dengan perubahan musim. Misalnya musim dingin, pengidap ini dapat mengalami kesulitan tidur sepanjang malam dan susah bangun pagi.

5. ADHD
Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah masalah gangguan mental yang ditandai dengan perilaku impulsif, hiperaktif, dan susah untuk fokus.

6. Gangguan Stres Pasca Trauma
Pengidap Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) sering mengalami mimpi buruk dan sulit mendapatkan durasi tidur yang cukup di malam hari. Kondisi ini akhirnya dapat memicu kelelahan dan sulit bangun di pagi hari.

Beberapa masalah kesehatan mental di atas yang menjadi penyebab kesulitan bangun pagi dan bisa segera dikonsultasikan ke ahli jika mengalami keluhan yang sama.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Susah Bangun Pagi? Waspadai Gangguan Mental yang Mungkin Jadi Pemicunya"