Hagia Sophia

31 January 2023

Pesawat Airbus A380 Milik Emirates Akan Mendarat di Bali

Airbus A380 milik Emirates. Pesawat ini merupakan pesawat komersil terbesar di seluruh dunia. (AFP Photo / Marwan Naamani)

Pesawat Airbus A380, yang merupakan armada super besar, milik maskapai Emirates bakal mendarat di Bali. Simak spesifikasi burung besi jumbo ini.

Sebelumnya, pesawat komersil terbesar di dunia berkapasitas 600 penumpang tersebut akan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada Juni 2023.

"Karena kapasitas pesawat ini besar sekali dan dimensi pesawat terdiri dari dua lantai, maka membutuhkan waktu penanganan (handling) dan peralatan (equipment) yang berbeda dengan pesawat lainnya," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni, dalam siaran pers, Senin (30/1).

Sejumlah persiapan yang dilakukan diantaranya yaitu penanganan ground handling, garbarata, pengisian bahan bakar (fuel handling), Custom, Immigration and Quarantine (CIQ).

Selain itu, kesiapan unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK), dan penanganan penumpang (pax handling).

"Kami juga harus memastikan kesiapan alternate aerodrome yaitu bandara alternatif terdekat yang mampu menampung pesawat A380, apabila terjadi gangguan di Bandara Ngurah Rai," ucap Kristi.

"Kami harus pastikan semua fasilitas sudah lengkap agar operasi penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman," lanjutnya.

Selain soal ukuran, apa istimewanya pesawat ini?

Melansir situs Emirates, pesawat Airbus A380 memiliki bentang sayap hingga 79,8 meter dengan panjang badan pesawat 72,7 meter. Panjang itu setara dengan dua paus biru dijajarkan.

Pesawat Airbus A380 juga memiliki tinggi 24,1 meter atau setara dengan tinggi lima jerapah. Ia ditenagai oleh mesin GP7200 RR Trent 900 dan memiliki suku cadang sebanyak 4 juta unit.

Dalam hal jelajah, pesawat ini memiliki jarak maksimal (maximum range) 15 ribu kilometer dengan kecepatan mencapai 0,85 mach. Pesawat ini terbang di ketinggian 43,100 kaki.

Bagaimana dengan kapasitas penumpang?

Pesawat Airbus A380 terdiri dari tiga kelas yakni 4 class (ultra long-range) berkapasitas 484 kursi, 3 class (long-range) 517 kursi, 3 class (ultra long-range 489 kursi), dan 2 class (long-range) 615 kursi.

Tak hanya 'juara' soal berat dan kapasitas, pesawat Airbus A380 milik Emirates juga dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang seperti spa, kursi kelas eksekutif dengan pintu dan jendela sehingga lebih privat, dan onboard lounge.























Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Spesifikasi Pesawat Airbus A380 Emirates yang Bakal Mendarat di Bali"