Hagia Sophia

04 April 2023

Ini Kadar Normal Asam Urat Pria dan Wanita Dewasa

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Kadar asam urat normal pria dan wanita menjadi hal yang pantang diabaikan. Pasalnya, mengetahui kadar asam urat dapat membantu untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit asam urat. Dengan begitu, nantinya akan mudah untuk menghindari kumatnya penyakit ini.

Asam urat sebenarnya adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting, seperti mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi.

Akan tetapi, kadang kala tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika hal ini terjadi, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal tajam di sendi sehingga menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Kadar Asam Urat Normal Pria dan Wanita

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, kadar asam urat normal pria berkisar antara 3,4 - 7,0 mg/dL. Pada perempuan antara 2,4 - 6,0 mg/dL dan 2,0 - 5,5 mg/dL pada kelompok anak-anak.

Pada kondisi normal ini, asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan oleh urine. Jika ini tidak dikeluarkan, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh memproduksinya dalam jumlah yang berlebih.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebih ini akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Inilah yang nantinya akan menyebabkan peradangan sehingga pengidapnya akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya terjadi di kaki.

Makanan dan minuman yang mengandung purin dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan kadar asam urat. Makanan dikatakan mengandung tinggi purin apabila melebihi 200 mg per 100 gram berat makanan. Contohnya makanan ini adalah aneka jeroan, seafood, dan kacang-kacangan.

Semakin banyak asupan purin maka semakin banyak pula asam urat yang terbentuk dan ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya melalui urine.

Beberapa faktor risiko lainnya yakni:

1. Berat badan
Kelebihan berat badan dapat memungkinkan tubuh memproduksi lebih banyak asam urat. Ginjal juga akan kesulitan membuang asam urat.

2. Kondisi medis
Penyakit dan kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko asam urat. Ini termasuk darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

3. Riwayat keluarga
Jika ada anggota keluarga yang mengalami asam urat, kemungkinan besar seseorang juga akan terkena penyakit ini.

4. Usia dan jenis kelamin
Asam urat lebih sering terjadi pada pria, sebab wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Namun, setelah menopause, kadar asam urat wanita akan mendekati pria. Pria juga lebih mungkin terkena asam urat lebih awal, biasanya antara umur 30 sampai 50 tahun. Sementara itu, wanita umumnya mengalami tanda dan gejalanya setelah menopause.

5. Melakukan operasi
Mengalami operasi atau trauma baru kadang kala dapat memicu serangan asam urat. Pada beberapa orang, menerima vaksinasi dapat memicu serangan asam urat.

Tes Kadar Asam Urat

Untuk mengetes kadar asam urat, terdapat dua metode yang dapat digunakan, yakni melalui tes urine dan tes darah.

1. Tes asam urat dengan sampel urine
Dokter biasanya akan merekomendasikan tes urine apabila seseorang menunjukkan gejala kondisi medis yang menyebabkan kadar asam urat meningkat. Tes urine asam urat adalah prosedur yang aman dan tidak menyakitkan yang hanya membutuhkan sampel urine.

Sampel ini perlu diberikan selama 24 jam. Setelah sampel dikumpulkan, urine dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Hasilnya akan dikirim ke dokter dalam beberapa hari. Setelah itu, dokter akan mendiskusikan hasilnya.

2. Tes asam urat dengan sampel darah
Sebagian besar asam urat larut dalam darah, disaring melalui ginjal, dan dikeluarkan melalui urine. Proses mendapatkan sampel darah untuk pengujian disebut venipuncture. Setelah diambil, darah akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Perlu Tahu! Segini Kadar Asam Urat Normal Pria dan Wanita"