Hagia Sophia

04 April 2023

Kasus Harian COVID-19 Kembali Meningkat, Sampai Kapankah Status Pandemi di Indonesia?

Foto: Grandyos Zafna

Hingga kini, Indonesia masih belum bebas dari COVID-19. Setelah pemerintah mencabut Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember lalu, kini kasus COVID-19 di RI relatif meningkat kembali. Lantas bakal sampai kapan status pandemi berlaku di Indonesia?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut status kedaruratan COVID-19 masih berlanjut hingga hari ini di Indonesia. Sedangkan perihal kapan status pandemi bisa dicabut dan beralih menjadi endemi, RI masih menunggu fatwa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Status kedaruratan COVID-19 masih berlanjut yang akan kita tunggu perkembangan sampai Mei akan mendengarkan fatwa dari WHO," ungkapnya dalam konferensi pers terkait status kedaruratan kesehatan masyarakat COVID-19, Senin (3/4/2023).

"Pada bulan itulah nanti pemerintah Indonesia akan mengambil keputusan apakah status pandemi masih berlanjut atau sudah bisa dialihkan ke endemi," sambung Menko PMK.

Data terakhir pada Minggu (2/4), Indonesia mencatat 403 kasus baru COVID-19 dibarengi 154 kasus sembuh dan 4 pasien COVID-19 meninggal dunia. Sementara sehari sebelumnya, pada Sabtu (1/4), Indonesia mencatat 486 kasus baru COVID-19 dibarengi 299 kasus sembuh dan 3 kematian akibat COVID-19.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Harian COVID-19 Naik Lagi, Status Pandemi di RI Kapan Bakal Dicabut?"