Hagia Sophia

04 April 2023

Pernah Diidap Tamara Geraldine, Apa Itu Sirosis Hati?

Tamara Geraldine. Foto: Instagram @tamarageraldine_5

Presenter Tamara Geraldine mengisahkan dirinya divonis mengidap sirosis hati. Imbas kondisi tersebut dokter sempat menyebut, sisa hidup Tamara tak akan lebih dari delapan bulan lagi. Ia bersyukur, dirinya telah melewati semua fase dan bisa bertahan hingga hari ini.

"Eh divonis 2005, sudah menguning aku, pengerasan hati aku. Ya hatiku memang keras rohani jasmani," ungkap Tamara Geraldine, dikutip dari YouTube Melaney Ricardo, Senin (3/4/2023).

Dikutip dari laman Mayo Clinic, sirosis adalah jaringan parut yang parah pada hati. Kondisi serius ini dapat dipicu oleh berbagai bentuk penyakit dan kondisi hati, seperti hepatitis atau alkoholisme kronis.

Pada dasarnya setiap luka pada hati baik karena konsumsi alkohol berlebih atau penyebab lain seperti infeksi, hati akan mencoba memperbaiki kondisinya sendiri. Dalam proses tersebut, akan terbentuk jaringan parut. Jika sirosis semakin parah, semakin banyak jaringan parut terbentuk, semakin sulit hati bekerja. Kondisi inilah yang membuat sirosis lanjut bisa mengancam jiwa.

Kerusakan hati yang disebabkan oleh sirosis umumnya tidak dapat diperbaiki. Tetapi jika sirosis hati didiagnosis dini dibarengi pengobatan tepat terhadap penyebabnya, kerusakan lebih lanjut dapat dibatasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini dapat dibalik.

Lebih lanjut dikutip dari laman National Health Service (NHS) Inggris, risiko komplikasi serius akibat sirosis hati bisa dikurangi dengan perubahan gaya hidup berupa:
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Menurunkan berat badan jika pasien kelebihan berat badan atau mengidap obesitas
  • Berolahraga teratur untuk mengurangi kehilangan otot
  • Menjaga kebersihan yang baik untuk mengurangi kemungkinan infeksi
  • Berkonsultasi dengan dokter umum tentang vaksinasi yang mungkin diperlukan, seperti vaksin flu tahunan atau vaksin perjalanan
  • Berkonsultasi dengan dokter umum atau apoteker jika pasien menggunakan obat bebas atau resep, karena sirosis dapat memengaruhi cara kerja beberapa obat





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diidap Tamara Geraldine sampai Divonis Tak Berumur Panjang, Apa Itu Sirosis Hati?"