Hagia Sophia

09 June 2023

Paus Frasiskus Jalani Operasi untuk Atasi Masalah Hernia

Kondisi Paus Fransiskus pasca menjalani operasi hernia. (Foto: AP/Andrew Medichini)

Paus Fransiskus baru selesai menjalani operasi perut di rumah sakit Gemelli Roma pada Rabu (7/6/2023). Ini dilakukan untuk mengatasi masalah hernia yang dideritanya.

"Hernia menyebabkan gejala berulang, menyakitkan, dan memburuk," ujar juru bicara Vatikan Matteo Bruni yang dikutip dari BBC, Kamis (8/6/2023).

"Dia menjalani operasi laparotomi dan dinding perut dengan anestesi umum (bius total). Ia dirawat di fasilitas kesehatan selama beberapa hari untuk memungkinkan program normal pascaoperasi dan pemulihan fungsionalnya," sambungnya.

Sehari sebelum operasi, Paus Fransiskus berada di rumah sakit Roma yang sama untuk jadwal pemeriksaan. Itu terjadi beberapa bulan setelah dia dirawat di rumah sakit karena bronkitis.

Kondisi Pascaoperasi

Paus Fransiskus menjalani operasi selama tiga jam dan hasilnya berhasil. Kondisi Paus Fransiskus mulai pulih pascaoperasi.

"Dia bahkan bercanda dengan saya tentang kapan kami akan melakukan operasi ketiga," kata kepala ahli bedah Dokter Sergio Alfieri, yang melakukan operasi perut pertama pada Paus Francis pada tahun 2021, dikutip dari CNA.

Alfieri mengatakan sejauh ini tidak ada penyakit atau patologi lain yang ditemukan selama operasi tersebut. Paus Fransiskus bereaksi baik terhadap anestesi umum dan membutuhkan perawatan selama 5-7 hari.

Meski Paus Fransiskus terlihat kuat pascaoperasi, usianya yang sudah lanjut dan bronkitis yang pernah diidapnya masih mengkhawatirkan.

"Kami akan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan, terkait waktu rawat inap di rumah sakit," lanjut dia.

Sejumlah Penyakit yang Diidapnya

Pria berusia 68 tahun itu menghadapi serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga telah menggunakan tongkat dan kursi roda karena penyakit lutut yang muncul.

Pada Maret lalu, Paus Fransiskus menghabiskan waktu tiga hari di rumah sakit untuk mengobati infeksi paru-paru. Ini terjadi di bulan yang sama saat menandai peringatan 10 tahun kepausannya.

Di tahun 2021, Paus Fransiskus menghabiskan 10 hari di rumah sakit setelah sebagian usus besarnya diangkat, untuk mengatasi kondisi usus yang menyakitkan. Bulan lalu, ia juga menarik diri dari audiensi Jumat karena demam.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Paus Fransiskus Jalani Operasi Perut Akibat Hernia, Begini Kondisinya"