Hagia Sophia

09 June 2023

Beberapa Gejala Diabetes yang Sering Tidak Disadari

Foto: Shutterstock

Seseorang mungkin tidak sadar dirinya terkena diabetes karena tanda awalnya tidak begitu berdampak berat. Mereka bahkan sering mengabaikan gejala diabetes, padahal penyakit ini akan lebih baik jika ditangani lebih dini.

Gejala diabetes ini mungkin berbeda-beda tergantung tipe diabetes yang dialami. Untuk diketahui, ada beberapa tipe diabetes, antara lain diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh kelainan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin yang cukup.

Selain itu, ada diabetes tipe 2 yang disebabkan tingginya gula darah. Diabetes tipe ini biasanya terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Ada juga diabetes gestasional yang hanya terjadi selama kehamilan.

Gejala-gejala Diabetes

Gejala diabetes berikut ini dibagi ke dalam kelompok, yakni tanda awal, gejala diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Inilah gejalanya seperti dilansir dari WebMD.

Tanda Awal Diabetes

Baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2 memiliki beberapa tanda awal yang sama dan harus diwaspadai.

1. Mudah Lapar dan Lelah
Tanda awal orang terkena diabetes adalah mudah lapar dan lelah. Hal ini disebabkan tubuh tidak dapat mengolah makanan menjadi glukosa karena insulin tidak cukup mengolahnya. Akibatnya, asupan glukosa dan energi ke seluruh tubuh menjadi berkurang.

2. Sering Kencing dan Mudah Haus
Biasanya, orang kencing sekitar 4-7 kali dalam sehari. Orang dengan diabetes bisa kencing lebih sering dari itu dan terasa lebih mudah haus.

Tubuh normalnya menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Orang dengan diabetes mendorong gula darah naik, sedangkan ginjal tidak dapat mengembalikan semuanya.

Akibatnya, tubuh banyak menghasilkan urine. Hal ini membuat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan, sehingga kamu mudah merasa haus.

3. Penglihatan Kabur
Perubahan kadar cairan dalam tubuh akibat diabetes bisa membuat lensa di mata membengkak. Lensa mata dapat berubah bentuk dan tidak bisa fokus.

4. Mulut Kering dan Kulit Gatal
Banyaknya cairan yang terbuang lewat urine membuat kadar air dalam tubuh berkurang. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi, mulut kering, hingga kulit gatal karena kelembapannya berkurang.

Gejala Diabetes Tipe 1

Gejala diabetes tipe 1 yang mungkin dialami adalah sebagai berikut.

1. Berat Badan Turun
Orang dengan diabetes tipe 1 mungkin akan mengalami penurunan berat badan yang tiba-tiba. Meski asupan makanan seperti biasa, mereka tidak memperoleh energi yang cukup. Akibatnya tubuh akan membakar otot dan lemak dalam tubuh, sehingga berat badan semakin berkurang.

2. Mual dan Muntah
Saat tubuh membakar lemak, akan muncul keton yang bisa menumpuk di dalam darah. Keton ini dapat membuat sakit perut, mual dan muntah. Penumpukan ini bisa menjadi berbahaya jika sampai pada kondisi ketoasidosis diabetik.

Gejala Diabetes Tipe 2

Beberapa gejala diabetes tipe 2 yang mungkin dirasakan antara lain sebagai berikut.

1. Terjadi Infeksi Jamur
Orang dengan diabetes tipe 2 bisa mengalami infeksi jamur di tubuh. Jamur ini memakan glukosa, sehingga akan berkembang baik pada orang yang memiliki banyak glukosa.

Infeksi jamur ini bisa terjadi pada lipatan kulit yang hangat dan lembap, misalnya di antara jari tangan dan kaki, di bawah payudara, di dalam atau di sekitar organ seksual.

2. Luka Sulit Sembuh
Jika kamu mengalami luka atau lecet tapi penyembuhannya lebih lama dari yang sewajarnya, maka harus diwaspadai bahwa kamu memiliki gula darah yang tinggi.

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan kerusakan saraf yang membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan luka.

3. Nyeri atau Mati Rasa
Gejala lain diabetes tipe 2 adalah merasakan nyeri bahkan mati rasa di kaki atau tungkai akibat kerusakan saraf.

Gejala Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional yang dialami selama kehamilan mungkin tidak memiliki gejala signifikan. Beberapa gejala ringan yang sering dialami adalah merasa sedikit lebih haus dari biasanya, atau frekuensi kencing menjadi lebih banyak.

Cara Mencegah Diabetes

Dikutip dari laman Mayo Clinic, pencegahan dapat dilakukan untuk diabetes tipe 2. Sedangkan diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah, karena penyebabnya karena kerusakan pankreas atau penyakit autoimun.

Beberapa gaya hidup sehat di bawah ini dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit diabetes.

1. Diet Makanan
Untuk mencegah penyakit diabetes, pilihlah makanan yang sehat dan tidak memicu peningkatan gula darah. Jangan minum minuman kemasan dengan kadar gula tinggi.

Pilih makanan rendah lemak dan rendah kalori, dengan serat yang lebih tinggi. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

2. Perbanyak Aktivitas Fisik
Memperbanyak aktivitas fisik bisa mencegah penyakit diabetes, terutama dengan melakukan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari. Olahraga mampu meningkatkan sensitivitas sel-sel insulin sehingga glukosa dapat diolah lebih optimal oleh tubuh.

3. Turunkan Berat Badan
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes karena sensitivitas terhadap insulin akan berkurang. Selain mengurangi risiko diabetes, menurunkan berat badan juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit.

Demikian tadi 10 gejala diabetes, baik tipe 1, tipe 2, maupun diabetes gestasional yang mungkin dirasakan. Jangan sepelekan gejala tersebut, karena jika terdeteksi lebih dini maka penanganannya akan lebih mudah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari dan Cara Mencegahnya"