Hagia Sophia

09 July 2023

Kebiasaan Pagi Warga 'Blue Zone' yang Terkenal Panjang Umur

Trik panjang umur dari warga Blue Zone. (Foto: iStock)

Bayangkan hidup di atas 100 tahun tanpa masalah kesehatan. Masih bisa berjalan-jalan, ingatan masih cukup baik dan tidak perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Bagi warga Blue Zone, hal tersebut bukan sekadar mimpi belaka. Warga Blue Zone bisa hidup sampai berusia seabad tanpa memiliki masalah kesehatan tertentu.

Laman Well and Good menuliskan Blue Zone atau zona biru adalah wilayah di dunia yang penduduknya bisa hidup lama di atas rata-rata. Istilah ini dipopulerkan oleh Gianni Pes, Michel Poulain, dan Dan Buettner karena warga di daerah tersebut bisa hidup sehat sampai usia 100 tahun.

Beberapa wilayah yang termasuk ke dalam Blue Zone yakni Okinawa di Jepang, Saridnia di Italia, Nicoya di Kosta Rika, Icaria di Yunani, dan Loma Linda di California, Amerika Serikat.

Ada kebiasaan di pagi hari yang tidak dilewatkan penduduk di area Blue Zone agar tetap sehat di usia senja. Beberapa di antaranya yakni:

Tidak Skip Sarapan

Pola makan yang sehat adalah bagian penting agar bisa tetap bugar di usia seabad. Berpegang teguh pada pola makan bergizi dapat membantu mendorong hidup yang panjang dan sehat.

Penemu istilah Blue Zones, Dan Buettner, melaporkan penduduk wilayah ini mengikuti pola makan nabati atau gaya Mediterania. Memulai hari dengan sarapan sehat yang kaya biji-bijian, buah, dan lemak sehat dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Seorang wanita berusia 105 tahun yang tinggal di Loma Linda, California, memulai harinya dengan semangkuk oatmeal yang dimasak lambat ditambah kurma dan kacang kenari yang sehat juga sedikit susu kedelai yang mengandung protein.

Bangun Lebih Pagi

Warga di Blue Zone tidak tidur terlalu malam dan bangun pagi lebih awal. Hal ini secara alami mengurangi tingkat stres dan meningkatkan umur.

Cobalah untuk mengatur waktu tidur dan prioritaskan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Lalu, usahakan untuk bangun lebih awal. Satu studi menemukan bahwa mereka yang bangun pagi cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang suka begadang.

Temukan 'Ikigai'

Konsep 'Ikigai' dari Jepang akan menemukan apa yang memicu kamu dan menjalani hidup dengan tujuan. Jika dilihat dari penduduk Blue Zone, memiliki tujuan dalam hidup berkaitan erat dengan umur panjang yang alasan untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari seiring bertambahnya usia.

Jika kamu bingung harus mulai dari mana, Ken Mogi, ahli saraf dan penulis 'Awakening Your Ikigai, memberikan sebuah trik. Prosesnya, kata Mogi, biasanya dimulai dengan merangkul lima pilar: mulai dari yang kecil, menerima diri sendiri, terhubung dengan orang lain dan planet ini, menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil, dan hadir dalam kehidupan yang dijalani.

Nikmati Secangkir Kopi dan Teh

Penduduk Blue Zone biasanya minum hingga tiga cangkir kopi sebagai bagian dari rutinitas pagi mereka. Setelahnya, selama sisa hari, mereka akan minum teh di sore hari.

Menurut sebuah penelitian dari American Heart Association, minum lebih dari satu cangkir kopi berkafein setiap hari dapat menurunkan risiko gagal jantung.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari minum kopi atau teh, hindari menambahkan gula atau krim kental. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan madu ke dalam teh atau susu nabati ke dalam kopi daripada pemanis buatan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Kebiasaan Pagi Hari ala Warga 'Blue Zone' yang Terkenal Panjang Umur"