Hagia Sophia

09 July 2023

Setelah Gabung Selama 12 Tahun, David de Gea Tinggalkan Manchester United

De Gea tinggalkan MU di musim panas ini. Foto: AP/Dave Thompson

David de Gea berpisah dengan Manchester United, klub yang telah ia bela selama 12 tahun terakhir. Manajer Setan Merah, Erik ten Hag berterima kasih atas segala sumbangsih yang ia berikan, termasuk di musim terakhir.

"Butuh karakter dan kualitas luar biasa untuk main sekali bersama Manchester United. Tampil 545 kali selama 12 tahun adalah capaian spesial, terutama di posisi kiper yang selalu mendapat sorotan tiap laga," ujar Ten Hag, dikutip The Athletic.

"Memenangi gelar pemain terbaik di klub versi pemain dan suporter, masing-masing empat kali, menunjukkan level performanya dan dia akan selalu diingat sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah klub ini."

"Saya pribadi berterima kasih atas 25 cleansheet yang ia raih musim lalu dan segala kontribusi yang ia berikan di lapangan dalam tahun pertama saya di klub. Seluruh pemain dan staf mengharapkan yang terbaik untuk kelanjutan kariernya," jelas Ten Hag.

De Gea tak lagi terikat bersama MU per 1 Juli lalu usai kontraknya habis dan tak diperpanjang. Namun baru sepekan berselang kepastian masa depannya diumumkan. Maklum, kedua pihak sempat berpikir untuk melanjutkan kerja sama.

De Gea disebut-sebut sudah setuju mendapat kontrak baru dengan gaji lebih sedikit dari yang ia di kontrak sebelumnya. Namun pihak klub belakangan justru berubah pikiran dan menawarkan proposal baru dengan nilai makin rendah, yang akhirnya ditolak.

Selama 12 tahun di MU, De Gea berhasil memenangi sejumlah trofi, di antaranya Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris (dua kali), Community Shield, dan Liga Europa. Setan Merah tengah memburu Andre Onana untuk menjadi penggantinya.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "De Gea Tinggalkan MU, Ten Hag Ucapkan Terima Kasih"