Hagia Sophia

27 July 2023

Kisah Bumil Terkena Pregnancy Nose, Hidung Menjadi Besar

Pregancy nose kerap bikin bumil insecure. (Foto: Tangkapan layar viral atas izin yang bersangkutan)

Belakangan istilah pregnancy nose ramai dibicarakan di media sosial. Tidak sedikit ibu hamil yang menceritakan pengalamannya saat mengalami pregnancy nose di TikTok.

Kondisi tersebut juga dialami ibu muda asal Sumatera Utara, Christika. Ia bercerita hidungnya mendadak ikut 'hamil' saat usia kandungannya memasuki trimester ketiga.

"Jadi pada dasarnya hidungku memang sudah besar, tetapi semasa kehamilan 9 bulan besarnya semakin-makin, dan nggak santai, hampir semuka isinya hidung semua," kata dia saat dikonfirmasi detikcom Selasa (25/7/2023).

Pregnancy nose kerap bikin bumil merasa insecure. Para ibu hamil dengan pregnancy nose akan merasakan hidungnya membesar yang mengubah wajah mereka.

Dikutip dari laman Parent, ahli neonatologi, konsultan laktasi dan spesialis anak Jessica Madden, MD, IBCLC mengatakan pregnancy nose merupakan perubahan yang terjadi pada hidung selama kehamilan. Tapi, kondisi ini bukan kondisi medis yang harus dikhawatirkan.

Perubahan hidung ini disebabkan oleh peningkatan volume darah sirkulasi orang yang dipicu oleh hormon selama kehamilan.

"Meskipun sebagian besar peningkatan volume darah dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan janin dan rahim, semua bagian tubuh pada akhirnya menerima peningkatan aliran darah selama kehamilan," kata Madden.

Meskipun hidung yang membesar selama kehamilan seringkali tidak berbahaya, terkadang hal itu dapat mengindikasikan kondisi yang serius.

"Preeklampsia, kondisi kehamilan yang menyebabkan edema (pembengkakan) juga dapat menyebabkan beberapa hidung tampak lebih besar," kata Dr. Madden.

Preeklamsia, yang biasanya terjadi setelah 20 minggu, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sakit kepala, masalah penglihatan, dan pembengkakan di tangan dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat lahir rendah pada bayi. Preeklampsia berat juga dapat menyebabkan kejang dan menyebabkan stroke.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Curhat Bumil Kena Pregnancy Nose, Hidung Membesar Bikin Insecure"