Hagia Sophia

26 August 2023

Ikan Langka Ini Muncul Lagi Setelah Menghilang 27 Tahun

Foto: Newsweek

Makhluk ini sangat sulit ditemukan dan belum pernah terlihat sejak sangat lama. Namun dalam kabar terbaru, peneliti bawah air yakin mereka telah mengambil foto langka ikan handfish berbadan sempit atau Pezichthys compressus.

Terakhir kali ikan yang seakan bisa berjalan dengan tangan ini terlihat adalah pada tahun 1996 alias 27 tahun yang lalu. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1986 dan hanya diketahui dalam dua spesimen.

Tim periset dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) merekamnya dengan sistem kamera dalam. Tersangka diamati di kedalaman laut Pulau Flinders, negara bagian Tasmania, Australia.

Ada sekitar 14 spesies handfish yang ditemukan di perairan tenggara Australia. Tujuh dari spesies ini merupakan hewan endemik Tasmania dan Selat Bass. Handfish terkenal sulit ditemukan.

Kini, para peneliti CSIRO percaya bahwa spesies yang terlihat selama perjalanan penelitian terbaru mereka adalah ikan handfish berbadan sempit. Ahli ekologi kelautan Candice Untiedt turut serta dan membantu mengidentifikasi ikan handfish kecil itu dalam sebuah foto.

"Saya sangat bersemangat untuk menemukan ikan handfish. Saya tahu bahwa ini adalah ikan yang langka dan istimewa. Dan peluang untuk melihatnya di lingkungan ini dan menangkapnya dengan kamera belakang sangat jarang. Ini adalah penemuan yang penting," kata Candice.

"Handfish memiliki bentuk dan fitur yang sangat khas sehingga saya cukup yakin itu adalah handfish. Juga saya beruntung memiliki rekan saya Carlie Devine, yang merupakan ahli handfish, yang ikut serta untuk mengkonfirmasi kecurigaan saya," tambah dia.

Kini, mereka sedang berupaya memastikan agar 100% yakin bahwa ikan itu adalah handfish yang sudah tidak pernah terlihat selama 27 tahun.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ikan Unik yang Sudah 27 Tahun Tak Terlihat Muncul Kembali"