Hagia Sophia

26 August 2023

Juergen Klopp: Liverpool Butuh Bek Baru

Juergen Klopp isyaratkan Liverpool butuh bek. (Foto: REUTERS/EDGAR SU)


Sementara persoalan gelandang bertahan mulai mereda, Liverpool kini dihadapkan isu lain. Juergen Klopp mengisyaratkan area pertahanan butuh penguatan.

Liverpool sebelumnya disibukkan dengan pencarian gelandang bertahan, selepas kepergian Fabinho ke Al Ittihad. Ditolak oleh Moises Caicedo dan Romeo Lavia --keduanya gabung Chelsea-- Liverpool akhirnya mendapatkan solusi sementara dengan merekrut Wataru Endo.

Disebut sementara karena Endo sudah 30 tahun. Transfer ini diyakini hanya untuk mengamankan posisi tersebut, sembari Liverpool mencari target yang bisa diandalkan untuk jangka lebih panjang. Jangan lupa bahwa dua target sebelumnya, Caicedo dan Lavia, baru 21 dan 19 tahun.

Transfer Endo cukup meredakan gejolak di kalangan suporter, yang sempat khawatir dengan posisi gelandang bertahan. Tapi masih ada isu lain yang perlu ditangani Liverpool yakni pertahanan.

Saat ini Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate menjadi duet utama di posisi bek tengah, diapit Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson. Sebagai pelapis dua bek tengah itu adalah Joe Gomez dan Joel Matip, yang sejauh ini dinilai tak cukup meyakinkan.

Selain itu, baik Gomez maupun Matip juga relatif rentan cedera. Gomez absen tujuh bulan pada 2020/2021 karena cedera lutut, lalu mengalami masalah otot musim lalu yang membuatnya absen sebulan.

Sementara Matip sejak 2020/2021 sudah mengalami tujuh cedera berbeda, termasuk masalah pergelangan kaki yang membuatnya menepi lima bulan. Lalu bagaimana performa pertahanan Liverpool secara keseluruhan?

Dari dua laga sejauh ini, mereka kebobolan dua gol. Catatan ini sekilas tak tampak buruk, tapi seharusnya menjadi alarm. Sebab itu berarti tanda-tanda kerentanan yang sudah terlihat sejak pramusim masih ada, ketika mereka kemasukan 11 gol.

Soal pertahanannya, Manajer Liverpool Juergen Klopp mengisyaratkan agak khawatir dengan opsi jika hal buruk seperti cedera terjadi. Tapi ia menegaskannya keyakinannya terhadap kemampuan para pemain.

"Kami harus beruntung dengan cedera, saya sih tak ragu dengan kualitas para pemain kami. Pada saat ini, kami aman, tapi ini kan bukan dunia mimpi tempat Anda bisa siap dengan semua situasi," cetusnya dikutip BBC.

"Kami sudah belajar soal ini di masa lalu," imbuhnya.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Klopp Isyaratkan Liverpool Butuh Bek Baru"