Hagia Sophia

26 August 2023

Menkes: Stop Aktivitas Outdoor Jika Polusi di Level Ini

Foto: Vidya Pinandhita

Polusi udara yang ugal-ugalan di kawasan Jabodetabek beberapa hari terakhir bak menjadi 'PR' besar bagi masyarakat maupun pemerintah. Sebab imbas kualitas udara yang memburuk, masyarakat dihantui beragam masalah kesehatan, termasuk risiko penyakit pernapasan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, intervensi paling efektif untuk menekan risiko penyakit pernapasan akibat polusi udara pada dasarnya berkenaan dengan langkah masyarakat sendiri. Hal itu berangkat pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan masing-masing.

Bersamaan dengan itu, masyarakat juga bisa terus memantau kualitas udara dengan mengakses sejumlah informasi terkait polusi udara. Jika kualitas udara sedang buruk, sebisa mungkin kurangin aktivitas di luar rumah demi menekan risiko paparan polusi.

"Intervensi kesehatan yang paling berhasil adalah kalau masyarakat sudah mengetahui bagaimana menjaga kesehatannya masing-masing. Itu yang paling berhasil tanpa kita intervensi," ungkapnya saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2023).

"Itu saja AQI sama Nafas. Kalau sudah merah, lebih baik mengurangi jalan keluar. Atau kalaupun masih keluar pakai masker. Itu bisa mengurangi risiko kita mengurangi partikel-partikel," imbuh Menkes.

Warga Batuk-batuk gegara Kena Polusi, Apa Solusinya?

Kepada masyarakat yang masih harus beraktivitas di luar rumah, Menkes menyarankan penggunaan masker meskipun sifatnya tak wajib.

Kemudian jika telanjur muncul keluhan kesehatan akibat terpapar polusi, ia menyarankan masyarakat untuk berkonsultasi ke layanan kesehatan.

"Ada apps yang mengukur polusi udara (yaitu) AQI sama Nafas Udara. Itu kan bisa kelihatan apakah PM2.5 nya sehat atau nggak sehat. Kalau sedang nggak sehat, sebaiknya jangan keluar. Toh pun keluar, pakai masker. Preventifnya dari sisi kesehatan itu yang kita sarankan. Itu untuk mencegahnya," bebernya.

"Kalau sudah kena, sudah batuk-batuk dan sudah merasa nggak enak ya ke bisa ke Puskesmas atau ke rumah sakit. Dokternya sudah tahu kok, mereka sudah siap," pungkas Menkes.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Wanti-wanti Warga RI Setop Aktivitas Outdoor Jika Polusi di Level Ini"