Hagia Sophia

26 August 2023

Resep Panjang Umur Warga China yang Bisa Hidup 100 Tahun

Lansia di China. (foto: thinkstock)

Memiliki usia yang panjang dan sehat sampai tua menjadi salah satu keinginan banyak orang. Salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi adalah China.

Bahkan warga yang tinggal di wilayah Makau dan Hongkong memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia. Apa sih resep yang dilakukan warga China untuk hidup lebih lama?

Berikut ini adalah beberapa resep rahasia panjang umur warga China dikutip dari berbagai sumber:

Perbanyak Aktivitas Fisik
Tidak semua orang memiliki waktu untuk pergi ke gym dan berolahraga. Namun memperbanyak aktivitas fisik misalnya bekerja di pertanian dan rutin berjalan kaki menjadi salah satu resep panjang umur warga China.

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi adanya hubungan kuat antara aktivitas fisik dan umur panjang. Ini bukan hanya tentang olahraga, namun yang terpenting adalah tetap bergerak seperti jalan kaki, berlari, dan kerja fisik. Aktivitas fisik baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Seperti warga di Desa Bama, China misalnya yang dikenal memiliki banyak centenarian atau warga berusia 100 tahun atau lebih, mereka banyak bekerja fisik di ladang.

Perbanyak Sayur dan Kurangi Alkohol
Para centenarian di China mengutamakan konsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan. Warga Bama mengonsumsi sayuran setiap hari di setiap menu makanan mereka.

Makan junk food juga tidak populer di China. Makanan yang mereka konsumsi termasuk buah-buahan, jagung, rebung, kacang-kacangan, nasi, dan ikan. Warga yang memiliki usia 100 tahun atau lebih di China juga tidak mengonsumsi gorengan dan lebih menyukai makanan yang dikukus.

Selain itu, rahasia warga panjang umur warga China adalah mengurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dikaitkan dengan berbagai macam potensi penyakit serius bahkan kematian. Warga China cukup mengonsumsi teh alami untuk meningkatkan energi.

Mengelola Stres
Centenarian di China juga memiliki kelola stres yang sangat baik. Para centenarian yang bisa hidup hingga 100 tahun menghindari stres sebisa mungkin. Mereka sangat menyarankan untuk berhenti gugup atau marah karena hal kecil.

Untuk mengatasi emosi negatif dan stres, para centenarian mengatasinya dengan beralih ke alam, keluarga, dan teman-teman terdekat.

Berkumpul dengan Orang Tercinta
Berdasarkan statistik, 74 persen warga di desa Bama memiliki hubungan kekerabatan yang erat dengan keluarga. Bahkan, empat hingga lima generasi keluarga bisa hidup dalam satu rumah.

Dukungan sosial ini memiliki dampak yang baik untuk kesehatan mental dan fisik. Peneliti mengungkapkan bahwa semakin banyak dukungan dan koneksi sosial, maka semakin lama dan sejahtera hidup seseorang.

Lingkungan yang Baik
Lingkungan yang buruk dengan kebisingan dan gaya hidup tidak sehat dapat menjadi penyebab menurunnya kualitas hidup. Sebuah keuntungan untuk masyarakat yang bisa tinggal jauh dari kebisingan dan polusi yang dapat merugikan tubuh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Resep Panjang Umur Warga China, Sesimpel Ini Kunci Bisa Hidup hingga 100 Tahun"