Hagia Sophia

26 August 2023

Minum Kopi Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Ilustrasi kopi (Foto: Ilustrasi iStock)

Minum kopi di pagi hari menjadi ritual yang dilakukan oleh banyak orang. Selain bermanfaat untuk membantu seseorang tetap fokus saat mengawali aktivitas, kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan lho. Kok bisa?

Dikutip dari Insider, kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung. Kopi juga mengandung kafein, yang dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat menurunkan berat badan.

Kopi Hitam Adalah Minuman Rendah Kalori

Penurunan berat badan kerap dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu ketika seseorang mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada yang dibakar. Cara populer untuk membantu mencapai defisit kalori adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada asupan kalori yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Kopi hitam adalah minuman yang cocok untuk diminum para pejuang diet karena mengandung kurang dari 5 kalori per sajian. Namun, kopi ini hanya rendah kalori jika diminum tanpa ditambah pemanis buatan, susu, atau krimer.

"Meskipun kopi hitam rendah kalori, kopi ini dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak jika ditambahkan susu dan gula yang berbeda," kata Ashley Shaw, ahli diet prfesional di Preg Appetit.

Kafein Mempercepat Metabolisme

Metabolisme adalah proses saat tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari. Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari beberapa zat yang dapat meningkatkan metabolisme basal (BMR), atau dikenal juga sebagai tingkat di mana tubuh membakar kalori saat beristirahat.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

"Ada banyak penelitian yang terus berkembang tentang bagaimana konsumsi kopi berhubungan positif dengan BMR, namun penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman dengan kecepatan yang berbeda. Kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme seseorang, tetapi tidak untuk orang lain," kata Shaw.

Kafein Dapat Mengurangi Rasa Lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang dikonsumsi tingkat aktivitas fisik, dan hormon. Meskipun belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat kafein mengurangi nafsu makan, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin, hormon yang membuat tubuh merasa lapar.

Sebuah penelitian kecil di tahun 2014 menemukan bahwa partisipan mengalami peningkatan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan hanya dalam waktu empat minggu setelah meminum kopi setiap hari berdasarkan kadar ghrelin mereka.

"Kafein juga merangsang hormon kenyang peptida YY (PYY). Lebih banyak PYY berarti Anda akan merasa kenyang dan tidak terlalu lapar," ungkap Shaw.

Meskipun kopi dapat membantu menurunkan berat badan, perlu diperhatikan bahwa setiap orang memiliki toleransi kafein yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu untuk selalu mendengarkan kata tubuh dan konsultasi dengan dokter jika diperlukan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Khasiat Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan"